The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rusia Berhasil Uji Coba Obat Virus Corona, Minggu Depan Mulai Digunakan
Ilustrasi virus corona.(freepik)
Health

Rusia Berhasil Uji Coba Obat Virus Corona, Minggu Depan Mulai Digunakan

Hasil modifikasi obat.

Rabu, 03 Juni 2020 14:15 WIB 03 Juni 2020, 14:15 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai negara di dunia berlomba-lomba menciptakan obat dan vaksin virus corona. Sebelumnya, Tiongkok mengumumkan telah menguji coba obat Covid-19. Kini, giliran Rusia yang mengumumkan kabar baik tersebut.

Tak hanya uji coba, Rusia menyebutkan obat virus corona telah rampung dan siap digunakan pekan depan, sekitar 11 Juni 2020. Distribusi akan langsung dilakukan ke rumah sakit rujukan pasien virus corona.

Indozone lansir dari Reuters, Rabu (3/6/2020), obat bersifat antivirus Avifavir, digunakan untuk mengobati pasien virus corona. Pengembangan obat Covid-19 ini dikembangkan dan dibiayai oleh Lembaga Dana Investasi Rusia atau Russian Direct Investment Fund (RDIF). 

Kirill Dmitriev dari RDIF mengatakan ilmuwan Rusia telah memodifikasi obat tersebut untuk meningkatkan fungsinya dalam mengobati virus corona.

"Kami percaya obat ini bisa mengurangi kondisi kritis pasien. Kondisi bisa berangsur normal," katanya.

obat virus corona
Ilustrasi obat virus corona.(freepik)

Hasil Modifikasi Obat

Rupanya obat virus corona yang dikembangkan oleh Rusia memodifikasi favipiravir, obat anti-influenza yang dikembangkan di Jepang sejak 2014. 

Obatnya sempat diuji secara signifikan di Rusia. Hal itu membuat ilmuwan Rusia tak kesulitan dalam menguji cobanya pada pasien.

Hasilnya, Rusia berhasil menghemat waktu dalam proses uji coba yang seharusnya membutuhkan waktu berbulan-bulan.

"Kita berhasil mempersingkat waktu. Uji klinis obat telah dilakukan dengan melibatkan 330 orang. Obat tersebut berhasil mengobati pasien virus corona," sebutnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US