The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Konsumsi Susu Bisa Menambah Tinggi Badan?
Ilustrasi minum susu. (Freepik)
Health

Benarkah Konsumsi Susu Bisa Menambah Tinggi Badan?

Cari tau faktanya, yuk.

Selasa, 02 Juni 2020 20:38 WIB 02 Juni 2020, 20:38 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang yang mengonsumsi susu agar tulangnya kuat. Selain itu, ada pula yang berpikir jika rutin minum susu dapat menambah tinggi badannya. Lantas benarkah demikian?

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Dr. Ir. Hardinsyah MS, mengatakan, susu memang bisa melengkapi pemenuhan gizi yang berkualitas dan seimbang. Dalam segelas susu terkandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebut saja vitamin A, B5, B6, B9, B12, dan E, kalsium, zinc, selenium, serta magnesium.

Kandungan vitamin D dan kalsium dalam susu memang bagus bagi tulang dan pertumbuhan. Tapi ada manfaat lain yang bisa didapatkan. Misalnya vitamin A yang bagus buat mata, vitamin B6, B12 yang bagus untuk saraf otak dan daya ingat, serta vitamin B5 yang bagus untuk kulit.

"Susu bukan satu-satunya pangan sumber zat gizi untuk menambah tinggi badan. Faktor makanan dan lingkungan lebih dominan terkait tinggi badan, begitu juga dengan faktor genetik sebesar 10-20%," ujar Prof Hardinsyah dalam suatu webinar, Selasa (2/6/2020).

Sementara itu, susu juga merupakan sumber protein. Manfaat yang bisa didapatkan adalah memadatkan tulang dan membangun otot. Tapi susu tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber protein untuk dikonsumsi.

"Kualitas protein di dalam susu, daging, dan telur berbeda. Masing-masing punya keunggulan atau kekurangan beberapa zat gizi. Oleh karenanya semua perlu dikonsumsi untuk saling melengkapi tetapi tidak berlebih," pungkas Prof Hardinsyah.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US