The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waspada, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Bersantan
Opor ayam. (ANTARA)
Health

Waspada, Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Bersantan

Secukupnya saja.

Minggu, 24 Mei 2020 14:46 WIB 24 Mei 2020, 14:46 WIB

INDOZONE.ID - Idul Fitri kurang lengkap rasanya kalau tidak ada opor ayam dan rendang di atas meja makan. Makanan tersebut memiliki campuran santan yang kaya akan lemak jenuh.

Momen Idul Fitri memang kerap menjadi ajang balas dendam, makan opor ayam dan rendang hingga lupa sudah berapa piring. Padahal kamu harus waspada, lho. Mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan tidaklah baik untuk tubuh.

Lalu, apa saja dampak mengonsumsi terlalu banyak makanan bersantan?

1. Berat Badan Meningkat

berat badan
Ilustrasi menimbang berat badan. (Freepik)

Terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan akan membuat berat badan jadi cepat naik. Makanya tidak heran kalau banyak orang yang beratnya bertambah setelah lebaran.

2. Timbul Jerawat

jerawat
Ilustrasi timbulnya jerawat. (Freepik)

Kandungan lemak jenuh pada santan bisa meningkatkan kadar minyak alami di bawah kulit. Akhirnya timbul komedo hingga jerawat di wajah. Tentu kamu tidak mau hal ini terjadi, kan?

3. Tekanan Darah Tinggi

tensi
Ilustrasi alat tensi. (Freepik)

Selanjutnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan juga bisa meningkatkan tekanan darah atau hipertensi. Hati-hati nih, jangan berlebihan makan opor ayam dan rendangnya, ya.

Nah itu dia berbagai dampak buruk mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan. Ingat, yang berlebihan itu memang tidak baik. Makanlah secukupnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US