The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Sakit Pinggang saat WFH? Ini Cara Gampang Mengatasinya
Ilustrasi sakit pinggang (BT)
Health

Sering Sakit Pinggang saat WFH? Ini Cara Gampang Mengatasinya

Keluhan saat WFH

Kamis, 16 Juli 2020 21:50 WIB 16 Juli 2020, 21:50 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini sebagian besar masyarakat sudah ada yang kembali bekerja di kantor. Tapi di sisi lain masih ada pula yang kerja dari rumah alias WFH.

Ketika WFH ada saja keluhan yang muncul. Entah itu terkait kerjaan atau hal lain. Salah satunya adalah nyeri atau sakit pinggang. Dikatakan oleh dr Muki Partono, SpOT, kebiasaan duduk lama saat WFH dapat menyebabkan nyeri pinggang.

"Jangan duduk lama-lama. Enggak boleh duduk sampai 4 jam," ujar dr Muki dalam webinar 'Solusi Nyeri Pinggang (Back Pain)' yang diadakan RSPI Group, Kamis (16/7/2020).

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah-Puri Indah itu menerangkan, untuk mencegah sakit pinggang akibat kelamaan duduk selama WFH ada baiknya memasang timer atau alarm. Atur alarm setiap satu jam sekali. Tujuannya untuk mengingatkan diri agar bergerak.

"Sebaiknya bikin timer 1 jam. Setelah duduk 1 jam  jalan atau bergerak. Misalnya berputar atau rebahan 5 menit lalu bekerja lagi," kata dr Muki.

Ia menambahkan, untuk mencegah sakit pinggang saat WFH sebaiknya hindari melakukan pekerjaan rumah yang harus membungkuk dalam waktu lama. Misalnya menyapu, mengepel, atau menyetrika sambil duduk. Pekerjaan rumah tersebut tetap bisa dilakukan. Tapi usahakan untuk tidak membungkuk dalam waktu lama karena bisa memicu nyeri pinggang.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Edi Hidayat
Dinno Baskoro
Maria Adeline Tiara Putri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US