Si Kecil Ketagihan Makan Micin? Ketahui Bahayanya Moms
Ilustrasi makanan mengandung MSG. (Unsplash/@shotsoflouis)
Health

Si Kecil Ketagihan Makan Micin? Ketahui Bahayanya Moms

Hati-hati ya moms.

Rabu, 26 Februari 2020 18:50 WIB 26 Februari 2020, 18:50 WIB

INDOZONE.ID - Perasa makanan alias micin atau Monosodium Glutamat (MSG) memang ampuh merangsang nafsu makan, terutama pada anak-anak. Bahkan si kecil bisa ketagihan makan micin.

Meski menyenangkan melihat anak doyan makan, tetapi moms nggak boleh senang dulu. Sebab, ada bahaya yang mengancam bila si kecil ketagihan mengonsumsi makanan yang mengandung micin. Nah, apa ya?

Dikatakan oleh Chef Sabir, Sekertaris Jenderal dari Asosiation of Culinary Profesionals Indonesia (ACPI), penyedap rasa makanan dalam takaran secukupnya telah diakui keamanannya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia juga telah mengakui keamanan pemakaiannya. Sejauh ini, belum terdapat data yang akurat untuk menyatakan dosis aman penggunaan micin.

"Lembaga-lembaga tersebut menyatakan, penggunaan micin dalam dosis antara 0,5 - 1,7 gram per hari, tidak menunjukkan adanya efek samping. Namun, jika tubuh mendapat asupan zat aditif jenis ini secara berlebihan, maka ada kemungkinan timbul reaksi negatif pada tubuh," katanya.

Sementara itu, beberapa penelitian terkemuka mengungkap penggunaan micin berlebih memiliki efek samping. Seperti kerusakan sel saraf. Diketahui, glutamat pada MSG dosis tinggi dapat bertindak sebagai racun yang menyebabkan kerusakan sel saraf. Bahkan disebutkan, MSG dapat menyebabkan gangguan fungsi otak.

Selain itu, dapat mengakibatkan obesitas. Sejumlah peneliti juga mengklaim bahwa MSG dapat merusak sel dan materi genetik. Efek micin ini dipredikisi bisa merusak limfosit atau sel darah putih.

Penelitian lain juga menunjukkan mengonsumsi micin dengan takaran berlebih dapat menyebabkan asma. Adapun jumlah takaran yang dapat memicu gejala tersebut adalah sebesar 3 gram dalam sekali makan.

"Namun, bahwa secara umum efek-efek samping buruk dari micin masih perlu dipastikan dengan penelitian lebih lanjut," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Vessy Dwi
Fauzi

Fauzi

Editor
Vessy Dwi

Vessy Dwi

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU