Mau Kesehatan Otak Meningkat? Lakukan 5 Aktivitas Ini di Pagi Hari
ilustrasi membaca buku untuk meningkatkan kemampuan otak/pexels/bruce mars
Health

Mau Kesehatan Otak Meningkat? Lakukan 5 Aktivitas Ini di Pagi Hari

Kamis, 09 Januari 2020 16:29 WIB 09 Januari 2020, 16:29 WIB

INDOZONE.ID - Bermalas-malasan dan menghabiskan waktu lebih lama di kasur, meskipun matahari sudah terbit mungkin sering kali dilakukan oleh sebagian orang. Terlebih bila hari libur tiba, rasanya jadi enggan untuk beranjak dari tempat tidur.

Tapi, kamu harus tau nih, kebiasaan bermalas-malasan di pagi hari justru tak baik dilakukan. Selain kehilangan waktu berharga untuk melakukan sesuatu, kebiasaan ini juga dapat mempengaruhi suasana hati.

Daripada bermalas-malasan di tempat tidur saat pagi, lebih baik kamu melakukan berbagai macam aktivitas yang lebih bermanfaat untuk tubuh kamu. Dengan begini, kamu jadi bisa fokus menghadapi aktivitas seharian.

Melansir dari Indian Express, berikut ini lima aktivitas di pagi hari yang bagus banget buat otak kamu.

1. Latihan fisik

spot
ilustrasi/pexels/Wendy Wei

Melakukan aktivitas fisik sangat berpengaruh pada kesehatan otak. Penelitian menunjukkan, latihan fisik dapat mengubah reaksi kimia di otak dan memiliki efek yang sama dengan anti depresan. Selain itu, latihan fisik juga bisa membantu memompa darah dan oksigen ke otak.

2. Meditasi

meditasi
ilustrasi/pixabay/lograstudio

Kita semua tau bahwa meditasi dapat membantu kita untuk lebih konsentrasi dan perhatian. Selain itu, kegitan meditasi dapat menghilangkan kecemasan, membantu mengatasi depresi dan meningkatkan kesehatan otak. Itulah kenapa meditasi sangat baik dilakukan di pagi hari.

3. Mendengarkan musik

musik
ilustrasi/pexels/Tirachard Kumtanom

Di pagi hari, coba awali dengan mendengarkan musik bertempo lambat. Musik seperti ini diketahui bagus untuk meningkatkan produktivitas otak. Para ahli mengatakan mendengarkan musik khususnya klasik, dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir jangka panjang.

4. Membaca

baca
ilustrasi/pexels/Thought Catalog

Sebagian orang menilai membaca di pagi hari akan membuat bosan dan menyebabkan kantuk. Padahal, membaca di pagi hari justru dapat membantu kamu untuk berpikir. Kamu bisa memanfaatkan berbagai media, seperti internet dan buku. Selain memberikan efek tenang, membaca juga bisa membuka pikiran.

5. Main game yang menantang

teka teki
ilustrasi/pixabay/stevepb

Ketika pagi hari tiba, coba tantang pikiran anda dengan game yang menantang. Game berbasis logika, seperti teka-teki silang, sudoku dan lainnya, dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan koneksi saraf.
 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU