The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Resmi! Kini Beli Game di Steam Sudah Dikenakan Pajak Sebesar 10 Persen
Logo platform Steam besutan Valve (photo/Steam)
Game

Resmi! Kini Beli Game di Steam Sudah Dikenakan Pajak Sebesar 10 Persen

Rabu, 01 Juli 2020 13:57 WIB 01 Juli 2020, 13:57 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu yang lalu Valve selaku pengembang dari platform toko game Steam telah memberitahu bahwa pihaknya akan menerapkan pajak di sejumlah negara termasuk Indonesia. Khusus untuk Indonesia, penerapan pajak tersebut telah berlaku mulai hari ini.

Ya, tanggal 1 Juni 2020 menjadi waktu bagi Steam untuk mulai memberlakukan pajak sebesar 10 persen terhadap seluruh pembelian game hingga DLC atau Downloadable Content dari Steam.

Logo platform Steam besutan Valve
Logo platform Steam besutan Valve (photo/Steam)

Sekedar informasi, aturan penerapan pajak ini juga sejalan dengan berlakunya pajak untuk pembelian produk-produk digital. Maka dari itulah pembelian game di Steam pun termasuk ke dalamnya.

Berdasarkan pantauan INDOZONE di situs resmi Steam, saat ini Indonesia pun sudah masuk ke dalam daftar negara yang menerapkan pajak untuk setiap pembelian game di Steam bersama dengan banyak negara-negara lainnya.

Daftar negara yang memberlakukan pajak di Steam
Daftar negara yang memberlakukan pajak di Steam (photo/Steam)

Beruntung Indonesia hanya menerapkan pajak tersebut sebesar 10 persen saja. Pasalnya banyak negara lain seperti Swedia hingga Kroasia yang menerapkan pajak pembelian di Steam hingga sebesar 25 persen. Nantinya pajak tersebut akan ditambahkan secara otomatis di harga total game yang ditampilkan di halaman utama dari game yang ingin dibeli.

"Harga pajak sudah dikalkulasikan dan ditambah secara otomatis pada harga game di Steam," tulis pihak Valve di situs informasi tentang pajak game.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US