Akibat Konten Video Winnie the Pooh, PewDiePie Dicekal di Tiongkok
PewDiePie saat mengunjungi Bali (Instagram/pewdiepie)
Game

Akibat Konten Video Winnie the Pooh, PewDiePie Dicekal di Tiongkok

Video meme perbandingan dengan Presiden Tiongkok

Selasa, 22 Oktober 2019 18:15 WIB 22 Oktober 2019, 18:15 WIB

INDOZONE.ID - PewDiePie merupakan youtuber game solo paling populer di dunia. Baru-baru ini ia memposting video meme yang menampilkan Presiden Tiongkok dengan beruang madu animasi Winnie the Pooh. 

Dalam video tersebut, PewDiePie menggambarkan kesamaan antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan Winnie the Pooh, sebuah perbandingan yang dibuat oleh banyak pengunjuk rasa pro demokrasi Hong Kong. 

Akibat tindakannya, Tiongkok mengambil langkah tegas untuk menyensor PewDiePie. Konten yang terkair dengan youtuber tersebut telah dihapus dari media sosial dan forum publik. 

Pada hari Jumat, PewDiePie mengatakan dalam sebuah video bahwa ia telah 'dilarang di Tiongkok' akibat videonya beberapa hari yang lalu. 

"Saya dilarang di Tiongkok. Jika Anda mencari konten PewDiePie yang terkait di forum dan Reddit di Tiongkok, atau video yang berhubungan dengan YouTube, itu akan benar-benar kosong." katanya dalam video. 

PewDiePie diblokir di Tiongkok
PewDiePie diblokir di Tiongkok (Youtube/PewDiePie)

PewDiePie menampilkan Winnie the Pooh, tokoh fiksi beruang yang telah menjadi simbol protes di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir. 

Setelah dilarang di Tiongkok, PewDiePie tampaknya sangat senang dan mengatakan bahwa dia tahu itu akan terjadi. 

DJ Zedd populer pun membalas postingan Twitter PewDiePie dengan menulis "Welcome to the club," tulisnya. 

Tidak jelas sebenarnya arti 'larangan' PewDiePie di Tiongkok. Tetapi, Youtube memang telah diblokir di Tiongkok sejak 2009 oleh badan sensor internet pemerintah. 

Namun, fanbase PewDiePie di Tiongkok banyak menggunakan VPN untuk menonton konten video dirinya. Pengguna Reddit di Tiongkok mengatakan bahwa forum online dan platform sosial tentang PewDiePie telah dihapus. 

Namun, hasil lain menunjukkan bahwa konten PewDiePie masih ada di mesin pencari Baidu di Tiongkok. 

"Mungkin bukan ide yang bagus untuk membawa kabar PewDiePie yang dicekal di Tiongkok dalam sebuah nilai permukaan," tulisnya.

Artikel Menarik Lainnya: 

  •  
TAG
Indozone
Indozone Media
Bela

Bela

Writer
Indozone Media

Indozone Game

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU