The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Kerugian Fatal yang Kamu Dapat Bila Keseringan Bermain Game Online
Ilustrasi kecanduan bermain game online. (Pixabay)
Game

5 Kerugian Fatal yang Kamu Dapat Bila Keseringan Bermain Game Online

Bahaya

Rabu, 24 November 2021 09:32 WIB 24 November 2021, 09:32 WIB

INDOZONE.ID - Dalam hidup ini, segala hal memiliki dua sisi yang berbeda bagi para pelakunya. Bermain game online juga memiliki sisi negatif dan positif bagi kebanyakan orang. Namun, kita mampu mengendalikan setiap hal negatif agar tidak mempengaruhi diri kita seutuhnya serta tetap mengambil sisi positif dari hal tersebut.

Jika kemarin INDOZONE membahas mengenai keuntungan bermain game online, kali ini akan dibahas mengenai sisi negatifnya juga dong. Karena jika kamu terlalu candu bermain game online tentu akan mempengaruhi kegiatan hidup kamu lainnya.

Baca Juga: 5 Game Keren Baru Yang Dirilis Di Bulan November

1. Kecanduan yang berlebih

Sering bermain game online nyatanya membuat seseorang kecanduan. Pasalnya saat permainan yang semula tidak membuatmu puas, kamu akan berusaha untuk memperbaiki kemampuanmu bermain game.

Sama pula, ketika kamu memenangkan permainan, kamu juga turut ingin menang lagi dan lagi. Sampai di titik kamu sulit untuk mengendalikan diri kapan akan berhenti bermain game online.

2. Mengganggu kesehatan serius

Jika kamu bermain game online lebih dari 3 jam per hari, maka kamu harus waspada akan kesehatan kamu. Sebab tubuh akan merasa lelah dan membuat tulang serta anggota tubuh lain ikut merasakan nyeri yang luar biasa.

Bayangkan saja jika hal ini terus terjadi pada diri kamu, tentu kamu akan semakin rentan terkena penyakit. Belum lagi jika kamu ketagihan main game, kamu tentu akan lupa makan maupun minum air yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Menghabiskan uang

Kerugian game online
Ilustrasi menghabiskan uang. (Unsplash)

Tak dipungkiri efek kecanduan akan game online mempengaruhi hal ketiga ini. Pasalnya beberapa game online membutuhkan kamu mengeluarkan biaya lebih untuk meningkatkan level maupun skill kamu dalam bermain.

Saat kamu terpacu, tentunya kamu tak segan-segan untuk mengeluarkan uang agar mendapatkan level dan skill yang luar biasa. Alhasil tak terasa duit di dompet sudah habis tak tersisa.

4. Mengancam keamanan

Game online nyatanya membuat diri kamu bahaya dari ancaman kriminal. Pasalnya saat melakukan aktivitas online, keamanan diri kamu akan menjadi rentan.

Mulai dari risiko terkena hack atau virus yang datang hingga kebocoran data-data yang kamu masukkan saat melakukan registrasi. Oleh karena itu disarankan bagi kamu yang akan login ke permainan, lebih baik jangan terlalu detail ini itunya ya.

5. Cyberbullying

Hal terakhir dari dampak negatif game online adalah cyberbullying. Hal ini belakangan banyak menimpa anak-anak dan juga para pemain yang mungkin memiliki kekuatan mental yang lemah.

Kerugian game online
Ilustrasi Cyberbullying. (Unsplash)

Pasalnya di dalam bermain game online, kerap terjadi komentar-komentar dan juga perkataan yang cukup membuat para pemain sakit hati. Bahkan lebih buruknya dianggap sebagai perundungan yang berakibat fatal hingga bunuh diri bagi korban.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US