The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Valve Umumkan Steam Deck, PC Gaming Handheld yang Akan Saingi Nintendo Switch?
Tampilan perangkat PC Gaming Handheld, Steam Deck besutan Valve (photo/Valve)
Game

Valve Umumkan Steam Deck, PC Gaming Handheld yang Akan Saingi Nintendo Switch?

Jumat, 16 Juli 2021 09:16 WIB 16 Juli 2021, 09:16 WIB

INDOZONE.ID - Secara mengejutkan, Valve baru saja mengumumkan kehadiran perangkat barunya yang diberi nama Steam Deck. Steam Deck sendiri hadir sebagai PC Gaming Handheld yang memiliki rupa seperti Nintendo Switch.

Namun Valve tidak ingin menyebut Steam Deck ini sebagai console melainkan PC gaming portable karena di perangkat tersebut, pemain tidak hanya bisa bermain game yang tersedia di Steam saja, tetapi pengguna juga bisa melakukan kustomisasi dengan sangat bebas.

Perangkat yang hadir dengan layar 7 inci beresolusi 1.280 x 720 pixel touchscreen ini hadir dengan layout controller yang cukup unik. Steam Deck juga memiliki dua buah track pad yang bisa digunakan layaknya mouse untuk memainkan game-game tertentu.

Untuk spesifikasinya, Steam Deck hadir dengan APU besutan AMD dengan CPU quad-core Zen 2 dan juga dipadukan dengan RAM 16GB LPDDR5. Pengguna bisa memilih opsi storage mulai dari 64GB eMMc atau 256GB hingga 512GB NVMe SSD.

Steam Deck nantinya akan menjalankan Steam OS berbasis Linux yang bisa digunakan untuk memainkan game-game dari Windows. Tetapi Valve juga memberi kebebasan kepada pengguna untuk menginstall OS lain seperti Windows di perangkat tersebut.

Sementara dari daya tahannya, Steam Deck memiliki baterai 40Whr yang bisa digunakan untuk memainkan game dengan durasi 2 hingga 8 jam tergantung game yang dimainkan.

Saat ini Valve juga sedang menyiapkan dock khusus untuk Steam Deck yang memungkinkan pengguna agar menghubungkan perangkat ini ke TV dan memainkan game dengan resolusi hingga 8K di 60Hz atau 4K di 120Hz.

Lalu berapa harganya? Valve diketahui membanderol Steam Deck dengan harga mulai dari US$399 untuk varian 64GB, US$529 untuk varian 256GB, dan US$649 untuk varian 512GB. Tertarik untuk membelinya guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US