The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Review Rainbow Six Extraction, Game Co-op Shooter Terbaru Ubisoft yang Seru
Ilustrasi review dari game Rainbow Six Extraction besutan Ubisoft (Ilustrasi/INDOZONE/Ferry Andika)
Game

Review Rainbow Six Extraction, Game Co-op Shooter Terbaru Ubisoft yang Seru

Hadir dengan tema lebih unik meskipun...

Jumat, 21 Januari 2022 18:15 WIB 21 Januari 2022, 18:15 WIB

INDOZONE.ID - Setelah lama ditunggu kehadirannya, Ubisoft akhirnya resmi meluncurkan game FPS (First-person Shooter) terbarunya yang berjudul Rainbow Six Extraction.

Berbeda dari Rainbow Six Siege, Rainbow Six Extraction hadir sebagai game co-op dimana pemain harus melawan musuh berupa 'alien' yang menghuni beberapa area seperti bangunan dan siap menangkap pemain yang berani melawan atau masuk ke areanya.

Ubisoft sendiri telah memberikan kesempatan kepada INDOZONE untuk mencoba Rainbow Six Siege lebih awal. Sebenarnya penulis sudah bisa memainkan game ini sejak beberapa hari yang lalu, tetapi penulis sengaja menunggu sampai game ini dirilis global agar mendapat pengalaman bermain yang lebih baik.

Jadi apa saja hal-hal menarik yang terdapat di dalam game Rainbow Six Extraction tersebut? Berikut ini selengkapnya!

Hadir dengan Tema Lebih Berbeda

Jika Rainbow Six Siege hadir sebagai game PvP (Player vs Player), Rainbow Six Extraction justru hadir sebagai game PvE (Player vs Environment) dimana sebuah squad berisi tiga orang akan dikirim untuk melakukan 'incursion' ke area misi bervariasi yang dipenuhi oleh Archaeans.

Archaeans sendiri merupakan makhluk mirip alien yang menjadi musuh para pemain. Pemain nantinya bakal bertemu dengan banyak jenis Archaeans dengan kemampuan yang unik dan membunuhnya.


Kumpulan Operator dengan Skill Unik

Terdapat 18 Operator yang bisa dimainkan mulai dari Ela, Hibana, Lion, Sledge, Vigil, hingga (lord) Tachanka. Masing-masing Operator memiliki keunggulan dan juga kelemahannya tersendiri.

Contohnya saja Hibana yang hadir sebagai Operator dengan kemampuan untuk meledakkan bom dari jarak jauh yang ditempelkan ke permukaan apapun. Atau juga Operator Sledge yang hadir dengan palu dengan kemampuan untuk membekukan parasit hingga menghancurkan dinding.


Kerjasama Tim Jadi Kunci

Sama seperti game co-op pada umumnya, kerjasama tim menjadi hal yang penting untuk meraih kesuksesan. Di Rainbow Six Extraction, setiap anggota harus saling bekerja sama untuk melawan para Archaeans.

Komunikasi juga diperlukan agar pemain bisa menentukan apa objektif yang ingin dilakukan dan kemana tempat yang harus dituju agar lebih aman.


Jangan Sampai Tertangkap oleh Archaeans

Salah satu hal unik yang terdapat di game Rainbow Six Extraction adalah jika seandainya ada Operator yang tertangkap oleh Archaeans, maka Operator tersebut bakal memiliki status MIA (Missing In Action).

Jika Operator memiliki status MIA, maka kalian tidak dapat menggunakannya di Incursion berikutnya. Hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan Operator tersebut yaitu dengan menyelesaikan Incursion tempat Operator tersebut tertangkap.


Gameplay Khas Rainbow Six Siege

Sama seperti Rainbow Six Siege, pemain di Rainbow Six Extraction masih bisa menghancurkan dinding, atap, hingga lantai dengan menggunakan senjata ataupun melee sehingga menciptakan banyak variasi gameplay untuk membunuh Archaeans tanpa menghadapinya secara langsung.

Namun karena hal tersebut juga, Rainbow Six Extraction ini terkesan tidak terlalu 'wah' karena gameplanya yang masih sama dengan Siege. Rainbow Six Extraction pun terkesan hadir seperti DLC untuk Rainbow Six Siege.


12 Level yang Kurang Lebih Sama Saja

Terdapat 12 level di Extraction yang dikelompokkan menjadi 4 bagian. Meskipun terdengar cukup banyak, tetapi semua level tersebut terkesan cukup 'repetitif' karena pemain hanya akan turun ke area tersebut dan diberikan tiga objektif yang bisa dipilih untuk diselesaikan.

Pemain kebanyakan akan melakukan sneak-and-kill terhadap Archaeans, menjaga objek dari serangan Archaeans, memasang peledak, ataupun memancing Archaeans ke perangkap yang sudah dibuat. Tetapi hal tersebut terasa dilakukan terus-menerus sampai 12 level dan yang membuat gameplay-nya berbeda hanyalah area atau environment saja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US