The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Game yang Terinspirasi dari Budaya Indonesia: Ada Wayang hingga Tari Kecak Bali
Ilustrasi Bermain game. (Freepik)
Game

7 Game yang Terinspirasi dari Budaya Indonesia: Ada Wayang hingga Tari Kecak Bali

Bermacam-macam genre

Senin, 15 Agustus 2022 15:40 WIB 15 Agustus 2022, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Dunia game banyak berlatar fiksi sejarah hingga sejarah yang mengangkat budaya suatu negara. Dari sekian banyaknya game yang beredar, ternyata ada beberapa game yang terinspirasi dengan budaya Nusantara.

Sejumlah developer video game, memasukkan beberapa budaya Indonesia di dalamnya. Berikut game-game yang terinspirasi budaya Indonesia: 

1. Tekken Tag Tournament 2

Pada posisi pertama, ada sebuah game yang dirilis oleh Bandai Namco Games pada 9 Juni 2012 yang menjadi sequel dari Tekken fighting game series. Game Tekken Tag Tournament 2 ini terinspirasi dari salah satu budaya di Indonesia yaitu dari Jawa.

Baca Juga: Jumlah Pengguna Baru PUBG: Battlegrounds Alami Pelonjakan, Ini Sebabnya!

Game bergenre fighting ini menggunakan wayang kulit sebagai salah satu latar belakang yang bisa digunakan pada saat bertanding serta juga diiringi dengan lagu techno yang dicampur dengan sentuhan gamelan. Wayang Kulit sendiri biasanya ditemukan dan ditampilkan di wilayah Jawa. 

2. Civilization

Serial permainan komputer berjenis turn-based strategy yang diproduksi oleh Sid Meter pada September 1991 ini mengusung tema tentang kebudayaan dari masa ke masa.

Game Civilization ini menggunakan latar belakang dari berbagai lokasi di seluruh dunia, salah satunya ada dari Indonesia atau lebih tepatnya Candi Borobudur.

3. The King of Fighter

Selanjutnya pada posisi ketiga ada serial permainan berkelahi yang diproduksi, dikembangkan dan dipublikasikan oleh SNK pertama kali pada tahun 1994. Game The King of Fighter ini pun terinspirasi dari salah satu budaya Indonesia yaitu tepatnya daerah Bali. 

Game bergenre fighting ini menggunakan latar suasana di Bali, saat sang hero atau karakter yang ada di dalam game ini sedang berkelahi. Salah satu keunikan dari game ini yaitu para pemain dapat merasakan suasana yang cukup kuat karena bukan hanya dari latarnya yang penuh dengan budaya Bali, lagunya pun menggunakan tari kecak Bali. 

4. FarCry 3

Game first-person shooter yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal serta diterbitkan oleh Ubisoft pada 2012 ini menggunakan latar belakang tempat di salah satu lokasi yang ada di Indonesia yaitu Pulau Komodo. 

5. Front Mission 3

Game peran taktis untuk PlayStation yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Co pada tahun 1999 di Jepang dan Amerika Utara serta Eropa pada tahun 2022. Game ini sejatinya memang diberikan latar tempat untuk berada di Indonesia. 

Konflik-konfliknya berkutat di negara-negara tersebut yang tentu saja Indonesia termasuk dalam bagiannya. Daerah di Indonesia yang dijadikan sebagai salah satu stage game tersebut adalah Aceh dan juga Sulawesi. 

6. Mobile Legends: Bang Bang

Permainan piranti bergerak berjenis arena pertarungan daring multipemain yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton  ini juga terinspirasi dari budaya Indonesia. 

Seperti yang sudah diketahui karena belakangan ini ramai dibicarakan, ada beberapa karakter yang diadaptasi dari budaya Indonesia yaitu Gatot Kaca dan juga Nyi Roro Kidul. 

7. Arena of Valor

Sebuah permainan video berjenis arena pertarungan daring multipemain yang diterbitkan oleh Tencent pada 13 Oktober 2016 ini juga menghadirkan karakter yang diadaptasi dari budaya Indonesia yaitu Wiro Sableng. 

Penulis: Bima Febrianto

Artikel Menarik Lainnyaa:

TAG
Rachmat Fahzry
Indozone
JOIN US
JOIN US