The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Android 13 Diperkirakan bakal Tingkatkan Pengalaman Bermain Game
Ilustrasi bermain game di ponsel Android. (Unsplash/Mika Baumeister)
Game

Android 13 Diperkirakan bakal Tingkatkan Pengalaman Bermain Game

Senin, 18 April 2022 01:30 WIB 18 April 2022, 01:30 WIB

INDOZONE.ID - Pembaruan sistem operasi (OS) Android 13 diperkirakan bakal lebih meningkatkan pengalaman bermain game (gaming) yang lebih cepat dan mulus.

Menurut laporan Phone Arena, Sabtu, (16/4/2022), Google berencana untuk menambahkan lebih banyak peningkatan berorientasi game dengan Android 13.

Salah satu yang utama adalah metode setGameState yang ketika diterapkan akan memungkinkan game untuk memberi tahu ponsel tentang keadaannya saat ini. Dengan mengetahui status game saat ini, ponsel akan dapat memutuskan apakah game dapat diinterupsi atau tidak.

Namun, yang lebih menarik, berkat metode setGameState, game ini juga dapat mengomunikasikan informasi proses pemuatan.

Baca Juga: FBI Tuding Hacker Korut Dalang Peretasan Aset Kripto di Game Axie Infinity

Ponsel kemudian dapat bertindak sesuai dengan informasi yang diterimanya dan meningkatkan kinerja CPU menggunakan mode GAME_LOADING baru.

Sebelumnya, banyak produsen telah memiliki cara  sendiri untuk mengalokasikan lebih banyak daya ke chip ponsel untuk meningkatkan kinerja game dan waktu pemuatan.

Namun, memiliki built-in di Android itu sendiri dapat membuat ini lebih mudah dilakukan dan bahkan membuatnya lebih efektif, mengingat itu adalah fitur perangkat lunak pihak pertama.

Selain itu, Google juga dilaporkan bermaksud peningkatan ini tersedia untuk semua ponsel yang diluncurkan dengan Android 13. Namun, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk perangkat lain yang akan ditingkatkan dari Android 12 dan sebelumnya.

Generasi sebelumnya yaitu Android 12 menghadirkan beberapa fitur, seperti opsi bagi pengembang game untuk menerapkan mode performa game yang berbeda seperti kecepatan refresh tinggi, efisiensi daya, atau kualitas tinggi.

Game seperti "Asphalt 9" dan "Genshin Impact" adalah beberapa yang menggunakan opsi ini.

Terlebih lagi, Android 12 memungkinkan produsen ponsel untuk menambahkan Dasbor Game, yang merupakan menu pop-up yang mungkin pernah dilihat di beberapa mode permainan ponsel.

Ini adalah cara cepat untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pengaturan sederhana yang mungkin ingin pengguna akses saat bermain game.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US