The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

EKSKLUSIF: Interview dengan Lead Game Designer dari Rainbow Six Mobile
Key art dari game Tom Clancy's Rainbow Six Mobile besutan Ubisoft Montreal (photo/Dok. Ubisoft)
Game

EKSKLUSIF: Interview dengan Lead Game Designer dari Rainbow Six Mobile

Tanya seputar Rainbow Six Siege dengan salah satu developernya

Selasa, 05 April 2022 20:00 WIB 05 April 2022, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Ubisoft baru saja resmi mengumumkan kehadiran game Rainbow Six Mobile untuk Android dan iOS. Game ini juga dikonfirmasi bakal meluncur di tahun 2022 meski belum diketahui pasti tanggalnya.

Nah, INDOZONE pun telah diberikan kesempatan oleh Ubisoft Southeast Asia untuk mewawancarai salah satu developer dari Rainbow Six Mobile yaitu Olivier Albarracin.

Sekedar informasi, Olivier Albarracin sendiri memiliki pengalaman di industri game selama 8 tahun. Awalnya ia memulai karirnya di Gameloft sebelum bergabung dengan Ubisoft di 2019.

Jadi tanpa perlu lama-lama lagi, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sempat ditanyakan oleh INDOZONE kepada Olivier terkait Rainbow Six Mobile:

Mungkin ada sebagian orang yang belum kenal dengan Anda, bolehkan Anda memperkenalkan diri terlebih dahulu?

Nama saya adalah Olivier Albarracin dan saya merupakan Lead Game Designer untuk Rainbow Six Mobile. Saya diberi tugas untuk mengurus gameplay, jadi apapun itu yang berhubungan dengan aksi di dalam gamenya.


Hal pertama yang ingin saya tanyakan adalah kapan pengembangan dari Rainbow Six Mobile dimulai? Apa yang membuat Anda tertarik menghadirkan Rainbow Six ke platform mobile?

Game ini sudah 3 tahun dikembangkan dan apa yang membuat kami ingin menghadirkan Rainbow Six Mobile adalah karena industri game mobile saat ini sudah sangat berkembang dan sepertinya banyak dari komunitas yang ingin Rainbow Six Siege untuk hadir di mobile. Kami telah melakukan yang terbaik untuk menghadirkan Siege ke mobile.

Tampilan in-game screenshot dari Rainbow Six Mobile (photo/Ubisoft)
Tampilan in-game screenshot dari Rainbow Six Mobile (photo/Ubisoft)

Selama pengembangannya, apa hal paling menyulitkan atau paling menantang yang sempat Anda alami selama pengembangannya? Apakah dari segi kontrol, performa, atau hal lain?

Sebenarnya ini merupakan gabungan dari semua hal. Siege merupakan game Tactical Shooter jadi ini game yang cukup kompleks jika bicara tentang bagaimana cara Anda memainkannya, karena terdapat beberapa sistem seperti melakukan observasi memakai drone, hingga gadget unik untuk setiap operator.

Jadi harus ada keputusan desain yang diambil untuk membuat game ini lebih mudah dijangkau tetapi tetap mempertahankan unsur kompetitif. Artinya kami pun harus membuat fitur untuk versi mobile yang terpisah dengan Siege dan hal itu membuat gamenya lebih mudah untuk dimainkan di mobile, tetapi tetap sulit untuk dikuasai.

Tantangan lain yang kami temui adalah karena ada banyak smartphone saat ini, dan semuanya hadir dengan aspek rasio yang berbeda, jadi kami ingin memastikan HUD-nya tetap mengikuti layar. Kami juga melakukan penyesuaian untuk maps, jadi kami memiliki beberapa map yang sudah dimodifikasi sedikit, kami tetap mempertahankan layoutnya tetapi mengubah lightning dan membuat ruangannya lebih mudah dilihat.


Saya sendiri merupakan salah satu pemain dari Rainbow Six Siege dan menurut saya rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk bermain 1 match Ranked itu adalah 15-30 menit. Apakah ini juga sama seperti di Rainbow Six Mobile atau akan dibuat lebih singkat?

Jika kalian pernah memainkan Siege, waktu bermainnya bisa dibilang cukup lama, tetapi di mobile kami ingin fokus untuk menghadirkan waktu bermain yang lebih singkat. Jadi Anda bisa masuk ke dalam game dan bermain Siege di genggaman, tetapi juga berakhir dengan cepat sebelum ibumu memanggilmu.


Apakah Rainbow Six Mobile hanya tersedia dalam mode FPP (First Person Perspective) atau juga hadir dalam mode TPP (Third Person Perspective) seperti kebanyakan game shooter mobile saat ini?

Ya, jadi game ini hanya akan hadir dengan mode FPP (First Person Shooter)

Tampilan in-game screenshot dari Rainbow Six Mobile (photo/Ubisoft)
Tampilan in-game screenshot dari Rainbow Six Mobile (photo/Ubisoft)

Jika Rainbow Six Siege memiliki BattlEye sebagai anti-cheat, apa yang dilakukan oleh Rainbow Six Mobile untuk memastikan game ini aman dari para cheater?

Ini merupakan hal yang cukup penting dan kami perhatikan. Tetapi untuk ini, akan kami informasikan dilain waktu.


Meskipun sudah dikonfirmasi bakal meluncur di tahun ini, kapan kita bisa melihat adanya closed atau open beta dari Rainbow Six Mobile?

Semoga saja secepatnya, saat peluncurannya yang sudah semakin dekat, kami akan memberikan informasi lebih lanjut nanti.


Apa hal yang ingin disampaikan kepada para fans terkait Rainbow Six Mobile, terutama bagi gamers di Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan pasar game mobile terbesar saat ini?

Saya sangat semangat agar pemain bisa mencoba Rainbow Six Mobile dari genggaman mereka dan saya pikir kita sudah benar-benar sukses dalam membawa pengalaman Siege yang hebat ini.

Jika kalian suka dengan game Tactical FPS, ini adalah game yang cocok untuk kalian dan akan ada banyak hal-hal keren lain di dalamnya, saya pikir secara umum gameplay dari game ini sangat-sangat fantastis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US