The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi: Anak-anak yang Sering Bermain Game Mengalami Peningkatan IQ
Ilustrasi bermain game. (REUTERS/Thomas Peter)
Game

Studi: Anak-anak yang Sering Bermain Game Mengalami Peningkatan IQ

Rabu, 01 Juni 2022 17:00 WIB 01 Juni 2022, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Selama ini banyak orang beranggapan bahwa bermain game akan membuat bodoh. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bermain game bisa merangsang perkembangan otak anak sehingga menjadi pintar. 

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) ini melibatkan 9.855 anak-anak dari rentang usia 9-10 tahun. Untuk memproses data 5 ribu anak, peneliti menghabiskan waktu dua tahun.

Dilansir Science Alert, Rabu (1/6/2022), anak-anak yang kebanyakan bermain game mengalami peningkatan IQ sebanyak 2,5 di atas kenaikan rata-rata.

Baca Juga: Kuro Game Sedang Siapkan Game Baru Bernama Wuthering Waves

Peningkatan poin IQ didasarkan pada kinerja anak-anak pada tugas-tugas yang mencakup pemahaman membaca, pemrosesan visual-spasial, dan tugas yang berfokus pada memori, pemikiran fleksibel, dan pengendalian diri.

"Hasil kami mendukung klaim bahwa waktu layar pada umumnya tidak mengganggu kemampuan kognitif anak-anak, dan bahwa bermain video game sebenarnya dapat membantu meningkatkan kecerdasan," kata ahli saraf Torkel Klingberg, dari Karolinska Institute di Swedia.

Ini bukan penelitian pertama yang menemukan bermain game memiliki efek positif. Peneliti berharap hasil penelitian ini bisa mengubah cara pandang bermain game, di mana ternyata bisa membantu perkembangan otak anak.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Victor Median
JOIN US
JOIN US