The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Permainan Kartu Paling Seru dan Populer di Indonesia
Ilustrasi permainan kartu (photo/pixabay/infozecchiantonella)
Game

5 Permainan Kartu Paling Seru dan Populer di Indonesia

Minggu, 19 September 2021 17:43 WIB 19 September 2021, 17:43 WIB

INDOZONE.ID - Permainan kartu atau card games merupakan sebuah permainan yang menggunakan kartu sebagai alat bermainnya, sehingga lebih praktis dan mudah dimainkan di mana saja.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis permainan kartu yang populer dan paling seru dimainkan beramai-ramai bersama keluarga dan sahabat.

Tak heran jika permainan kartu sering dipilih untuk menghabiskan waktu luang saat berkumpul atau merayakan momen pergantian tahun.

Permainan Kartu Paling Seru

Nah, sekarang kamu enggak perlu bingung lagi mau pilih permainan kartu apa yang seru untuk dimainkan bersama keluarga dan sahabat.

Karena Indozone telah merangkum jenis-jenis atau macam-macam permainan kartu (card games) paling seru dan populer di Indonesia untuk dimainkan ramai-ramai.

1. Remi


permainan kartu remi
Ilustrasi permainan kartu remi (photo/pixabay/benjamin_failor)

Permainan kartu remi kini bukan hanya dimainkan menggunakan dek kartu, melainkan juga tersedia sebagai permainan online di komputer dan smartphone.

Di Indonesia, kartu remi sering dipakai untuk bermain cangkulan, 41, truf, dan capsa. Sedangkan di luar negeri, kartu remi terkenal pada permainan poker, canasta, blackjack, casino, solitaire, dan bridge.

Seperti yang kita kenal sekarang, satu pak kartu remi berisi 52 lembar, dengan empat jenis yaitu spade (sekop), heart (hati), diamond (wajik), dan club (keriting).

Masing-masing jenis kartu remi tersebut terdiri atas 13 kartu yakni Jack, Queen, King, Ace/As, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 serta dua kartu Joker berwarna hitam dan merah.

2. Domino


jenis permainan kartu
Ilustrasi jenis permainan kartu domino (photo/pixabay/Celiosilveira)

Salah satu jenis permainan kartu yang paling terkenal di Indonesia yaitu domino atau sering disebut sebagai gaple.

Satu set domino terdiri atas 28 kartu yang akan dibagikan masing-masing tujuh kartu untuk maksimal 4 orang pemain.

Cara bermain domino cukup mudah. Kamu hanya perlu mengeluarkan kartu yang memiliki jumlah yang sama dengan yang ada di meja.

Pemain yang bisa menghabiskan seluruh kartu atau menyisakan kartu dengan total nilai paling kecil, ialah pemenangnya.

Berdasarkan sejarahnya, domino pertama kali ditemukan di Tiongkok. Namun, sayang kartu ini sering kali dijadikan media perjudian.

3. Uno


permainan kartu uno
Ilustrasi permainan kartu uno (photo/pixabay/infozecchiantonella)

Uno menjadi permainan kartu populer yang diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Cara bermainnya juga gampang banget, setiap pemain akan mendapatkan masing-masing tujuh kartu yang sudah dikocok acak.

Kemudian ambil satu kartu dari tumpukan kartu yang tersisa, lalu para pemain akan melanjutkan kartu berdasarkan warna, angka, atau simbol yang sama.

Kalau kartu di tanganmu tersisa satu, jangan lupa ucapkan "Uno" yang artinya "satu" dalam bahasa Italia.

Permainan kartu Uno bisa dimainkan minimal 2 orang dan maksimal 10 orang. Cocok banget dimainkan saat berkumpul bersama teman-teman!

4. Werewolf


permainan kartu
Ilustrasi permainan kartu werewolf (playwerewolf.squarespace)

Permainan werewolf makin seru dimainkan bersama teman-teman kalau kamu menggunakan kartu khusus werewolf.

Werewolf adalah permainan yang tokoh utamanya berupa manusia setengah serigala (werewolf) yang hidup di tengah-tengah warga desa (villager).

Setiap malam, werewolf akan membunuh satu warga desa, dan keesokan paginya warga desa akan berusaha memburu sang werewolf yang menyamar sebagai warga.

Setiap pemain harus menebak siapa sosok werewolf sesungguhnya di antara banyaknya warga desa. Sebaliknya, werewolf sebisa mungkin harus merahasiakan identitasnya.

Permainan kartu werewolf dapat dimainkan beramai-ramai mulai dari 5 sampai 18 orang. Tertarik mencoba?

5. Monopoly Deal


jenis jenis permainan kartu
Ilustrasi permainan kartu Monopoly Deal (thelostcard.co.uk)

Kalau kamu mau bermain monopoli yang praktis dan enggak pakai banyak peralatan, Monopoly Deal bisa jadi pilihan yang tepat.

Permainan kartu ini hanya menggunakan kartu tanpa dadu, papan, dan tumpukan uang. Namun, cara bermainnya tetap sama, kok.

Durasi permainan Monopoly Deal tergolong singkat yaitu berkisar 15 menit dan dapat dimainkan sampai dengan 5 orang.

Nantinya, pemain yang berhasil mengumpulkan 3 full set kartu properti dengan warna berbeda, ialah yang menjadi pemenang.

Atau, bila tumpukan kartu sudah habis sebelum ada pemenang, maka yang memiliki uang terbanyak di bank akan keluar sebagai pemenang.


Nah, itu dia berbagai jenis permainan kartu paling seru dan populer di Indonesia. Mana nih permainan kartu favorit kamu?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Indriyana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US