The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berkat Gen Z, Industri Game Telah Lampaui Gabungan Industri Musik dan Film
Ilustrasi bermain game di ponsel. (photo/Pixabay/DrMedYourRasenn)
Game

Berkat Gen Z, Industri Game Telah Lampaui Gabungan Industri Musik dan Film

Gen Z mendominasi

Jumat, 26 November 2021 16:27 WIB 26 November 2021, 16:27 WIB

INDOZONE.ID - Perkembangan industri game saat ini memang sangat pesat. Indonesia menjadi negara tertinggi yang mengonsumsi game mobile untuk kawasan Asia Tenggara, menjadi bukti bahwa banyak publik yang mampu menerima industri ini di tengah persaingan industri lainnya.

Salah satu riset membuktikan bahwa industri game saat ini mengalahkan industri film dan musik jika angkanya digabung. Hal ini menunjukkan bahwa game saat ini menjadi kebutuhan yang cukup besar di tengah masyarakat Indonesia.

Industri game kalahkan industri musik dan film
Ilustrasi bermain game mobile. (Unsplash)

CEO Head Garena Indonesia, Hans Saleh mengungkapkan kehadiran gen Z menjadi salah satu pendorong perkembangan industri game di Indonesia. Sebab gen Z sudah memiliki kedekatan yang sangat akrab dengan dunia digital. Sehingga hal ini menjadi habbit dan hobi bagi para gen Z untuk bermain game mobile.

Baca Juga: Krafton Tetapkan Peluncuran PUBG: New State Pada Tanggal 11 November 2021!

"Spesifik Gen Z fasih banget sama digital. Salah satu karakter utamanya mobile sentrik. Hampir semuanya memiliki smartphone, akses memakai smartphone pun sangat tinggi sehingga mendorong pesatnya perkembangan dunia game tersebut," ungkapnya saat menjadi pembicara Ideafest 2021 pada Jumat (26/11/2021).

Selain itu, Hans Saleh juga memaparkan terdapat 3 faktor yang mempengaruhi  pesatnya  perkembangan industri game di Indonesia. Yang mana ketiga faktor ini sangat melekat di diri gen Z.

"Ada tiga faktor yang mendorong game menjadi platform yang dikonsumsi oleh para gen Z yaitu kehadiran smartphon yang semakin accesable sehingga mendorong mereka melakukan kegiatan lewat smartpone. Lalu, adanya network atau mobile network juga mendorong para gen Z mencari tahu mengenai game mobile ini. Terakhir adanya faktor bermain smartphone ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sehingga gen Z memilih untuk melakukan itu," ungkap Hans Saleh.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US