The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mulai Terjun ke Industri Gaming, Apple Kembangkan Kontroler Game Sendiri
Ilustrasi logo Apple. (REUTERS/Mike Segar).
Game

Mulai Terjun ke Industri Gaming, Apple Kembangkan Kontroler Game Sendiri

Seperti apa?

Rabu, 13 April 2022 12:14 WIB 13 April 2022, 12:14 WIB

INDOZONE.ID - Apple mulai terjun ke industri gaming dengan mengembangkan kontroler game (game controller) buatan sendiri. Hal tersebut diketahui dari bocoran dokumen mengenai pengajuan paten perangkat itu.

Menurut laporan Phone Arena, Rabu (13/4/2022), paten itu diungkap pertama kali oleh Patently Apple dengan judul dokumen 'Magnetically Attachable Gaming Accessory'.

Perangkat itu digambarkan sebagai aksesoris yang berfungsi membantu pengguna bisa mengoptimalkan perangkatnya saat bermain game dengan metode lepas pasang yang mudah.

Paten tersebut diajukan pada 27 Agustus 2021 dan telah disetujui oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS serta Kantor Paten Eropa pada 31 Maret 2022 membuka jalan resmi bagi Apple untuk mengembangkan inovasi itu.

Baca Juga: Main Mobile Game tanpa Takut Smartphone Panas? Begini Triknya

Apple pun mendeskripsikan produk yang tengah dikembangkannya itu sebagai aksesori game yang dapat meningkatkan fungsionalitas permainan gim dari perangkat elektronik, seperti ponsel, tablet, atau perangkat komputasi lainnya.

"Aksesori gim ini dapat menyediakan antarmuka fisik untuk mengontrol aktivitas gim pada perangkat elektronik sehingga layar perangkat elektronik setidaknya tidak terhalang selama bermain gim,” bunyi pernyataan Apple.

Lebih lanjut lagi, Apple menyiapkan 3 desain untuk kontroler game itu.

Desain pertama terlihat seperti penampakan Joy Con yang merupakan 'game controller' dari konsol Nintendo Switch.

Hal yang membedakan dengan milik Apple adalah alat ini bisa digunakan dalam orientasi lanskap atau vertikal dan bisa disesuaikan dengan layar iPhone dan iPad.

Desain kedua, Apple menyediakan kontroler game yang menyatu dengan 'casing' dilengkapi layar kecil di tengah di antara tombol pengontrol.

Layar kecil itu nampaknya akan berfungsi sebagai keyboard yang bisa digunakan oleh pemain untuk membalas percakapan sehingga tidak mengganggu layar utama baik itu iPhone ataupun iPad.

Pada desain ketiga, Apple seperti ingin membangkitkan kenangan era 90-an dengan menyiapkan desain 'Joystick' dari Playstation maupun Xbox.

Sejauh ini, belum diketahui kapan Apple akan merilis produk baru kontroler game itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US