The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Tips Ampuh Biar Bisa Ngegame Lancar di PC Kentang Kamu!
Ilustrasi seseorang bermain game di PC (Ilustrasi/INDOZONE/Unsplash/Emmanuel)
Game

5 Tips Ampuh Biar Bisa Ngegame Lancar di PC Kentang Kamu!

Dijamin FPS bakal naik (meskipun bisa saja tak banyak)

Senin, 14 September 2020 15:05 WIB 14 September 2020, 15:05 WIB

INDOZONE.ID - PC kini menjadi salah satu platform yang menghadirkan banyak sekali game-game berkualitas. Namun seperti yang kita ketahui, tidak semua orang memiliki PC dengan spesifikasi yang tinggi sehingga performa yang dihasilkan saat bermain game menjadi tidak maksimal.

Namun buat kalian pengguna PC spesifikasi rendah yang ingin mendapatkan performa yang lebih bagus saat bermain game tidak perlu khawatir, berikut ini INDOZONE berikat 5 tips agar kalian bisa ngegame dengan lancar di PC kentang kamu. Simak yuk!

1. Pakai Kualitas Grafis dan Resolusi Terendah

Menu Graphic Settings di game Fall Guys: Ultimate Knockout
Menu Graphic Settings di game Fall Guys: Ultimate Knockout (photo/INDOZONE/Ferry)

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu mengatur kualitas grafis dari game yang dimainkan. Pasalnya kalian juga harus sadar jika memiliki PC dengan spesifikasi rendah, kalian tidak mungkin memainkan game tersebut dengan settingan rata kanan atau tertinggi.

Usahakan gunakan kualitas grafis terendah yang dihadirkan oleh game tersebut. Selain itu kalian juga bisa menurunkan resolusi dari game agar game ini tidak menggunakan asset HD yang tentunya lebih memakan kinerja PC kentang kalian.

2. Jangan Buka Software Lain Saat Bermain

Ilustrasi beberapa software yang sedang dibuka
Ilustrasi beberapa software yang sedang dibuka (photo/INDOZONE/Ferry)

Jika kalian ingin mendapatkan performa yang lebih bagus saat bermain game di PC, usahakan untuk tidak membuka software lain terutama yang menggunakan RAM serta prosesor besar seperti Google Chrome.

Pasalnya jika kalian membuka software lain ketika bermain game, maka game kalian nantinya tak bisa menggunakan seluruh RAM dan prosesor kalian dengan baik yang mengakibatkan terjadinya penurunan dari segi performa.

3. Gunakan Settingan Layar Fullscreen

Ilustrasi settingan layar windowed dan fullscreen
Ilustrasi settingan layar windowed dan fullscreen (photo/INDOZONE/Ferry)

Tips ketiga adalah selalu menggunakan setinggan fullscreen pada saat bermain game. Pasalnya dengan menggunakan settingan tersebut, maka OS kalian nantinya akan lebih berfokus untuk memberikan performa ke game kalian.

Pasalnya jika menggunakan settingan seperti window atau borderless, maka OS kalian akan memberikan sebagian performanya kepada aplikasi yang sedang berjalan di background.

4. Matikan Animasi dengan Advanced Settings

Cara matikan animasi di sistem operasi Windows
Cara matikan animasi di sistem operasi Windows (photo/INDOZONE/Ferry)

Untuk melakukan tips ini, kalian bisa langsung membuka Control Panel > System and Security > System > Advanced System Settings > Advanced dan tekan tombol Settings di bagian menu Performance.

Nantinya terdapat empat pilihan yang tersedia. Pilih opsi 'Adjust for best performance' agar Windows tak akan menggunakan banyak kinerja prosesor dan juga RAM untuk menampilkan animasi di OS kalian.

5. Atur Pengaturan Kartu Grafis (GPU)

Software Nvidia Control Panel di Microsoft Store
Software Nvidia Control Panel di Microsoft Store (photo/Microsoft)

Yang terakhir adalah dengan cara mengatur settingan kartu grafis yang kalian gunakan. Misalnya untuk GPU dengan merek Nvidia, kalian bisa mengatur settingan dari game-game tertentu seperti mematikan fitur anti aliasing hingga menggunaka seluruh CUDA cores di GPU untuk menghasilkan performa yang lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US