The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Twitch Minta Maaf Atas Buruknya Respons Terhadap Masalah DMCA
Ilustrasi Copyright atau DMCA di layanan streaming Twitch (Ilustrasi/INDOZONE/Ferry)
Game

Twitch Minta Maaf Atas Buruknya Respons Terhadap Masalah DMCA

himbau para kreator agar sementara tak memakai lagu ber-copyright

Kamis, 12 November 2020 10:41 WIB 12 November 2020, 10:41 WIB

INDOZONE.ID - Twitch baru saja memberikan tanggapannya terkait notifikasi yang diterima oleh banyak streamer tentang masalah hak cipta lagu (DMCA) yang diterima selama ini. Pihaknya pun meminta maaf karena tak memberi respons tepat terkait masalah ini.

"Jika kalian memainkan rekaman musik di sesi live streaming, kalian harus menghentikannya. Jika kalian masih belum menghentikannya, maka kalian harus melihat kembali riwayat clip/VOD yang kemungkinan memiliki musik di dalamnya dan langsung arsipkan," ucap pihak Twitch kepada para kreator.

Baca Juga: 20 Streamer Twitch dengan Jumlah Pengikut Terbanyak di Agustus 2020!

Saat ini masalah DMCA sendiri memang masih menjadi salah satu hal yang belum jelas karena pihak Twitch sendiri juga merasa kesulitan untuk memberi kebebasan kepada para kreator agar dapat memutar lagu tanpa terkena tuntutan dari pemilik lagu tersebut.

Alhasil akibat masalah ini, banyak streamer yang mendapatkan notifikasi penurunan konten karena masalah DMCA dan bahkan ada akun yang sampai harus ditutup. Pasalnya berdasarkan aturan Twitch, pihaknya berhak memberikan penalti kepada akun yang melanggar aturan DMCA tersebut.

Baca Juga: Ninja Sebut Dr Disrespect Sepertinya Tahu Alasan Dirinya Dibanned dari Twitch

Maka dari itulah banyak streamer yang mengkritik kebijakan Twitch ini karena hal tersebut justru bakal membuat streamer menjadi tidak bebas dalam hal memilih lagu yang ingin mereka dengarkan selagi melakukan live streaming di platform tersebut.

Untuk saat ini Twitch menyarankan para streamer untuk menggunakan lagu yang berasal dari label musik yang mengizinkan musiknya untuk digunakan secara komersial seperti Soundstripe, Monstercat Gold, Chillhop, Epidemic Sound, dan juga NCS (NoCopyrightSounds).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US