The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perjalanan Tim EVOS Esports hingga Ekspansi ke Luar Negeri
Para gamers yang tergabung dalam EVOS ESports. (Instagram/evosesports)
Game

Perjalanan Tim EVOS Esports hingga Ekspansi ke Luar Negeri

Kamis, 24 Maret 2022 15:45 WIB 24 Maret 2022, 15:45 WIB

INDOZONE.ID - EVOS Esports adalah tim eSport berbasis di Jakarta yang berhasil ekspansi ke negara tetangga ya itu Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Perjalan EVOS Esports untuk menjadi tim atlet eSports nomor 1 di Asia Tenggara tentu tidak mudah. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Tim yang dikenal sebagai harimau putih ini dibentuk Ivan Yeo bersama 3 temannya Michael, Hartman, dan Wesley di tahun 2016 hanya dengan 1 divisi ya itu Dota 2 akuisisi dari tim Zero Latitude.

Ivan Yeo sendiri awalnya tidak mengetahui apapun mengenai esport, ia hanya seseorang yang menyukai game dan bermain DOTA di waktu sengang dan suka menonton pertandingan game.

Sebagai warga Singapura ia merasa Singapura bukanlah tempat yang cocok untuk mendirikan industry game professional dan Indonesia adalah tempat yang cocok untuk memulai.

Tim yang ia dirikan ini awalnya ingin diberi nama Brawijaya, tapi nama itu dirasa sulit untuk diingat, jadi ia memberi nama EVOS dari kata evolve yang memiliki arti berkembang, nama itu sesuai dengan tujuannya untuk mengembangkan industry esport di Asia Tenggara.

Baca Juga: Main Game PS5 di Konsol PS4? Begini Caranya

Setelah melihat peluang dari pemain game League of Legend di Vietnam dan perekembangan di Indonesia yang cenderung stagnan, ia mencoba melakukan ekspansi dengan mendirikan sebuah team yang dianggap kuat.

Sayangnya karena merasa terlalu percaya diri, para pemain menjadi saling menyalahkan satu sama lain dan memiliki ego yang tinggi, keuangan yang memburuk juga membuat tim ini hampir tutup.

Untungnya masalah desebut dapat terselesaikan karena strategi promosi sosial media di Indonesia yang berhasil mereka mendapatkan sponsor dari beberapa brand.

Setelah bangkit dari masalah tersebut EVOS merubah strategi, dari yang mencari pemain kuat menjadi membuat tim yang populer dengan bantuan sosial media sehingga brand bisa melihat pengaruh yang mereka miliki.

Saat ini ECOS Esports memiliki 11 tim untuk permainan Mobile Legends, PUBG, Free Fire, Realm of Valor, dan League of Legends.

Beberapa turnamen yang dimenangkan EVOS Esport di antaranya adalah Mobile Legends M1 Bang Bang World Championship 2019, Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia season 4, Free Fire World Cup 2019 Thailand, dan AOV Star League (ASL) season 2.

Penulis: Iqlima Shofiyyah Nasution

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Indozone
JOIN US
JOIN US