The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sandiaga Uno Puji dan Akui Esport Bawa Pengaruh Positif Menyangga Tenaga Kerja Indonesia!
Sandiaga Uno puji Esport. (Antara FOTO/Galih Pradipta)
Game

Sandiaga Uno Puji dan Akui Esport Bawa Pengaruh Positif Menyangga Tenaga Kerja Indonesia!

Selasa, 02 November 2021 11:22 WIB 02 November 2021, 11:22 WIB

INDOZONE.ID - Perkembangan dunia game tak selamanya membawa pengaruh buruk bagi peradaban di dunia. Pasalnya salah satu industri hiburan yang satu ini mampu membawa tren positif dan terus menanjak.

Hal ini pun diakui oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang mengatakan jika Esport membawa sisi positif khususnya bagi pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja di Indonesia.

"Esport itu seperti pandemic winner, karena ditengah-tengah pandemi dan tantangan ekonomi, esports menjadi salah satu yang menunjukkan tren kenaikan positif dengan jumlah pertumbuhan 4,47% tertinggi kedua setelah subsektor televisi dan radio," kata Sandiaga Uno.

Indonesia memiliki 44,2 juta pemain game esports. Jumlah ini diyakini akan mengalami pertumbuhan mencapai 37 persen dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara. Persebarannya pun cukup merata dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Esports Berdampak Positif Terhadap Ekonomi

Selain itu komunitas-komunitas yang dibentuk tersebut tidak hanya melakukan bermain game bareng saja, akan tetapi juga melakukan aksi-aksi sosial yang produktif untuk daerahnya masing-masing.

Seperti yang diketahui, data Sensor Tower mengungkap bahwa pada kuartal pertama tahun 2021, Indonesia menempati posisi ketiga setelah India dan Brazil dalam nama negara yang paling banyak mengunduh aplikasi game di App Store dan Google Playstore.

Hal ini tentunya menunjukkan jika industri game di Indonesia menjadi hal yang sedang naik daun dalam perkembangan dunia digital. Apalagi usai menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan pada Asian Games 2018, SEA Games 2019 dan di kancah nasional, yaitu PON XX Papua yang baru saja berakhir bulan lalu, Pemerintah Indonesia pun tampak semakin mendukung adanya kemajuan dan elaborasi yang lebih baik lagi dari dunia pergamingan di Indonesia.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US