The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pro Player Esports Dianggap Atlet atau Tidak? Ini Jawaban Legenda NBA Shaquille O'Neal
Legenda NBA, Shaquille O'Neal . (Instagram/@shaq)
Game

Pro Player Esports Dianggap Atlet atau Tidak? Ini Jawaban Legenda NBA Shaquille O'Neal

Rabu, 01 Juni 2022 08:00 WIB 01 Juni 2022, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Eks pebasket NBA Shaquille O'Neal mengungkapkan pendapatnya tentang para pro player Esports yang kerap dianggap remeh oleh masyarakat.

Pasalnya, sejak pertama kali booming pada tahun 2000-an menyoal profesi sebagai atlet Esports profesional, ternyata banyak memancing perdebatan mengenai label atlet yang layak disematkannya itu.

Lantaran tak seperti olahraga konvensional lainnya yang memerlukan fisik yang sangat kuat, namun jenis olahraga yang satu ini lebih berfokus kepada mekanisme permainan.

Baca Juga: Unik, Sumpit Makan LED RGB Buat Teman Gaming, Anti Gelap

Menanggapi hal tersebut, Legenda NBA Shaquille O'Neal pun membantah semua keraguan itu yang menyatakan gamer atau pemain Esports profesional tetaplah seorang atlet.

"Saya menganggap pemain pro e-Sports adalah atlet. Saya ingin memuji kalian, dan saya bangga dengan kalian. Kata atlet sendiri berarti hal yang berbeda, tetapi sebagian besar bermuara pada pola pikir," tutur Shaquille O'Neal melansir cuitan @JakeSucky, Selasa (31/5/2022).

Menurut pebasket yang akrab disapa Shaq itu, atlet sendiri bukan hanya sebatas soal fisik saja melainkan mentalitas dalam diri seorang atlet adalah yang lebih penting.

"Lima belas persen dari olahraga itu hanyalah fisik, sisanya diisi oleh mental. Sehingga saya salut dengan apa yang kalian harus lalui. Mungkin itulah alasan mengapa kalian (pro player) tidak memiliki durasi yang lama dalam berkarir sebagai atlet esports profesional," pungkas Shaq.

Tentu saja ucapan yang dilontarkan oleh Shaw sangatlah masuk akal. Mengingat cabor Esports sendiri saat ini telah dapat dipertandingkan dan memenangkan beberapa ajang bergensi, seperti SEA Games 2021.

Penulis: Safira Meidina

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Indozone
Ristuyana

Ristuyana

Editor
Indozone

Indozone

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US