INDOZONE.ID - Istilah-istilah penting yang ada di game Mobile Legends berikut ini wajib kamu ketahui, terutama untuk yang baru saja menginstall game besutan Moonton itu.
Mobile Legends: Bang Bang sendiri adalah permainan video seluler ber-genre multiplayer online battle arena (MOBA) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, anak perusahaan dari ByteDance.
Dirilis pada tahun 2016, game ini semakin populer di seluruh dunia, terutama di wilayah Asia Tenggara, dan sejak itu telah melampaui 1 miliar kali unduhan, dengan puncak pemain bulanan sebanyak 100 juta.
Baca Juga: Cara Dapat Skin Yu Zhong di Mobile Legends, Ada Banyak Cara Mudah yang Bisa Diikuti
Pada tahun 2021, "Mobile Legends: Bang Bang" mencapai pendapatan kotor sepanjang masa sebesar US$1 miliar dengan 44 persen pendapatannya berasal dari luar Asia, menjadikannya gim seluler teratas dari genre-nya dengan daya tarik paling global.
Selain menghadirkan banyak hero dan skin yang bisa diguakan oleh para playernya, game ini juga memiliki banyak sekali istilah penting yang wajib untuk diketahui.
Apa saja? Berikut Indozone berikan informasinya untuk kamu, check this out!
Istilah Penting yang Ada di Mobile Legends
1. Attribute Guide
- Health Points (HP): Jumlah kesehatan seorang hero, dapat ditingkatkan dengan membeli item. Hero akan mati begitu jumlahnya mencapai nol.
- Mana Points (MP): Atribut hero yang menunjukkan kekuatan mereka untuk mengeluarkan kemampuan keterampilan.
- Physical Attack: Jumlah yang meningkatkan kerusakan fisik keterampilan menggunakan koefisien keterampilannya.
- Magic Power: Jumlah yang meningkatkan damage magic dari skill menggunakan koefisien skillnya.
- Physical Damage: Jenis damage yang memicu Physical Lifesteal, Physical Penetration, dan Critical Chance.
- Magic Damage: Jenis damage yang memicu Magic Lifesteal, Magic Penetration, dan Critical Chance.
- True Damage: Jenis damage yang mengabaikan Physical dan Magic DEF. Juga ditangani oleh Legend creep.
- Physical Lifesteal: Jumlah yang dihitung dengan kerusakan fisik dari Basic Attacks yang player berikan, yang memulihkan sejumlah HP player.
- Magic Lifesteal: Jumlah yang dihitung dengan Magic Damage yang player berikan, yang memulihkan sejumlah HP hero.
- Spell Vamp: Jumlah yang dihitung dengan Skill Damage yang player berikan, yang memulihkan sejumlah HP hero.
- Physical Defense (DEF): Jumlah yang dihitung dari Kerusakan Fisik yang diberikan musuh yang membatalkan jumlah kerusakan yang mereka berikan.
- Magic Defense (DEF): Jumlah yang dihitung dari Magic Damage yang diberikan musuh yang membatalkan jumlah Damage yang mereka berikan.
- Physical Penetration (PEN): Jumlah yang dihitung dari kerusakan fisik yang Anda berikan yang mengabaikan sebagian dari pertahanan fisik musuh.
- Magic Penetration (PEN): Jumlah yang dihitung dari kerusakan fisik yang player berikan dengan mengabaikan sebagian dari pertahanan fisik musuh.
- HP Regeneration (Regen): Jumlah HP yang dipulihkan setiap detik.
- Movement Speed: Jumlah kecepatan yang dimiliki satu hero.
- Cooldown Reduction (CD): Jumlah yang dikurangi dari CD Skill. Hingga 40%. Jika Enchanted Talisman sedang dalam build, pengurangan maksimal CD akan menjadi 45%.

2. State Guide
- Stunned: Mencegah target bergerak, menyerang, atau menggunakan skill.
- Frozen: Mencegah target bergerak, menyerang, atau menggunakan keterampilan. Ini adalah efek pemingsanan lanjutan dan tidak akan terpengaruh oleh pengurangan waktu CC.
- Suppressed: Mencegah target bergerak, menyerang, atau menggunakan keterampilan. Ini adalah efek pemingsanan tingkat lanjut dan tidak dapat dihapus.
- Airborne: Mencegah target bergerak, menyerang, atau menggunakan keterampilan. Target akan terbang ke udara dalam durasi.
- Transformed: Mencegah target menyerang atau menggunakan skill. Target akan berubah menjadi makhluk lain.
- Silenced: Mencegah target menggunakan skill.
- Untargetable/Invincible/Invulnerable: Mencegah target menyerang atau menggunakan skill. Target akan bergerak secara acak dalam durasi.
- Control Immunity: Di mana target tidak akan terpengaruh oleh Efek Kontrol apa pun.
- Slowing Immunity: Di mana target tidak akan diperlambat.
- Stealth/Conceal: Menjadi tidak terlihat oleh musuh.
Baca Juga: 5 Hero Assassin Mobile Legends dengan Mekanik Tinggi, Siapa yang Paling Kuat?

3. Common Terms
- Bot (chat): Istilah yang digunakan untuk memanggil rekan satu tim dalam obrolan yang memiliki sedikit keterampilan atau selalu terbunuh oleh musuh.
- AFK: Away From Keyboard (jauh dari keyboard)
- Cancer: Biasanya dilontarkan oleh pemain yang marah. Mengacu pada pemain yang memiliki sedikit kontribusi untuk tim.
- Feeding: Biasanya dilontarkan oleh pemain yang marah. Mengacu pada pemain yang memiliki sedikit kontribusi untuk tim.
- TOP: Jalur teratas, dapat dialihkan ke EXP Lane atau Gold Lane baik tim kamu berada di sisi merah atau biru.
- MID: Jalur tengah, jalur ini akan selalu memanggil minion tanpa tambahan EXP/Gold.
- BOT: Jalur terbawah, dapat dialihkan ke EXP Lane [1] atau Gold Lane.
- ROAM/ROAMING: Biasanya dilakukan oleh Tank atau Support dengan itu berpindah jalur dari waktu ke waktu untuk mendukung sekutu. Ini biasanya dilakukan secara efektif menggunakan Peralatan Roaming.
- Rotation: Tindakan berpindah dari satu jalur ke jalur lain dalam upaya untuk mendapatkan sasaran dan/atau membunuh.
- Killing Spree: Membunuh 3 hero musuh tanpa mati.
- Mega Kill: Membunuh 4 hero musuh tanpa mati.
- Unstoppable: Membunuh 5 hero musuh tanpa mati.
- Monster Kill: Membunuh 6 hero musuh tanpa mati.
- Godlike: Membunuh 7 hero musuh tanpa mati.
- Legendary: Membunuh 8 atau lebih hero musuh tanpa mati.
- Maniac: Membunuh 4 hero musuh secara berurutan dalam waktu singkat.
- Savage: Membunuh 5 hero musuh secara berurutan dalam waktu singkat.
- Shut Down: Saat berhasil membunuh hero yang memiliki 3 kill atau lebih tanpa kematian.
- Turtle: Monster spesial di medan perang. Pahlawan akan mendapatkan BUFF khusus dan Bonus Emas ekstra untuk semua pahlawan sekutu setelah membunuhnya.
- Lord: Monster spesial di medan perang. Pahlawan akan mendapatkan Bonus Emas setelah membunuhnya. Satu Luminous Lord akan menyerang bersama mereka.
- Emblem: Item spesial yang dapat meningkatkan Atribut hero di medan pertempuran.
- Blink/Dash: Seorang pahlawan berpindah dari satu posisi ke posisi lain dalam waktu yang sangat singkat.
- MMR (Matchmaking Rating): Riwayat pertandingan pemain, menunjukkan perubahan MMR setelah setiap pertandingan. Matchmaking Rating atau MMR merupakan nilai yang menentukan level skill setiap pemain. Menang meningkatkan MMR pemain, sementara kalah menurunkannya.
- MVP (Most Valuable Player): Seorang pemain yang mendapat skor tertinggi dalam tim yang dapat dilihat melalui Post Game.

4. Strategies
- Funneling: Hero support menahan gelombang creep sebaik mungkin hingga Hard Carry datang untuk membersihkan hutan di sela-sela putaran hutannya. Intinya, strategi ini hanya bertujuan untuk membantu mengamankan satu hero. Support yang umum adalah Tank sedangkan Hard Carry adalah Marksman.
- Ganking: Berkeliaran dan menyergap pahlawan musuh.
- Split Push: 1 Pusher Hero di setiap jalur samping.
- Harass: Digunakan untuk mengganggu musuh dengan kerusakan yang tidak mematikan.
- Backdoor: Istilah yang digunakan untuk strategi yang berarti pemain akan menyerang menara dan pangkalan musuh tanpa perlindungan creep/minion.Digunakan untuk mengganggu Core/Jungle musuh saat mereka mengambil buff sehingga rotasi mereka akan tertunda.

Itu dia guys sejumlah istilah penting yang biasa kita temui di game Mobile Legends. Pelajari dengan detail ya, karena istilah tersebut pasti akan muncul saat kita login di game tersebut.