The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mulai 1 Juli 2020, Pembelian Top-Up Game Online Akan Dikenakan Pajak!
Game PUBG Mobile (photo/Unsplash/Screen Post)
Game

Mulai 1 Juli 2020, Pembelian Top-Up Game Online Akan Dikenakan Pajak!

Sabtu, 30 Mei 2020 15:04 WIB 30 Mei 2020, 15:04 WIB

INDOZONE.ID - Kebanyakan game online yang ada saat ini memiliki sistem In-App Purchases atau yang dikenal dengan sebutan Top-Up. Pasalnya pihak pengembang game tentu ingin mendapatkan keuntungan lebih dari game buatan mereka.

Namun baru-baru ini Dirjen Pajak telah memutuskan untuk mengenakan transaksi Top Up untuk seluruh game online dengan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10%.

Diketahui kebijakan ini diberlakukan karena transaksi Top-Up game online adalah proses transaksi digital yang berasal dari luar negeri. Sehingga Dirjen Pajak pun akhirnya memutuskan untuk memberlakukan PPN untuk sistem Top-Up.

Proses pembelian UC di PUBG Mobile Lite
Proses pembelian UC di PUBG Mobile Lite (photo/Tencent Games)

Nantinya pengenaan PPN untuk Top-Up game online sendiri akan berlaku mulai tanggal 1 Juli 2020 nanti. Kebijakan ini pun banyak dikecam oleh para gamers di Indonesia yang sering melakukan Top-Up.

Meskipun begitu, ternyata pemberlakuan kebijakan tersebut tak hanya berlaku untuk Top-Up game saja, diketahui bahwa produk digital lainnya seperti Streaming Musik, Streaming Film, dan aplikasi online juga akan diperlakukan sama.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US