The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ma'ruf Amin Katakan Pemilu Adalah Kesepakatan
photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Forum

Ma'ruf Amin Katakan Pemilu Adalah Kesepakatan

Jumat, 17 Mei 2019 22:36 WIB 17 Mei 2019, 22:36 WIB
Cawapres KH Ma'ruf Amin mengatakan bahwa manusia banyak menjalani kesepakatan, mulai dari hidup adalah kesepakatan, terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah kesepakatan, sampai penyelenggaraan pemilu adalah kesepakatan.

KH Ma'ruf Amin mengatakan hal tersebut ketika menyampaikan tausyiah pada acara buka puasa bersama "Guyub Yuk" di Media Cente Cemara, Menteng, Jakarta, Jumat.

Ma'ruf Amin mengatakan bahwa Indonesia ketika merdeka, para pejuang dari berbagai daerah membuat kesepakatan, kemudian disepakati NKRI dan Pancasila sebagai ideologi.

Demikian juga pemilu, yaitu pemilu legislatif dan pemilu presiden, adalah kesepakatan. Semua peserta pemilu sepakat mengikuti aturan-aturan yang berlaku sesuai aturan aturan perundang-undangan. "Seluruh peserta pemilu juga menandatangani kesepakatan siap menang dan siap kalah," ujarnya.

Tapi, saat kemudian ada yang mencederai kesepakatan itu, maka terjadi disharmoni. "Karena itu, kita semua harus menjaga kesepakatan. Jika semua pihak menghargai kesepakatan, maka akan tercipta keharmonisan," katanya.

Selanjutnya, menurut Ma'ruf, salah satu indikator menghargai kesepakatan adalah kesabaran dan bisa mengendalikan diri. "Saat ini adalah bulan Ramadhan, di mana umat Islam menjalani ibadah puasa, yang dapat melatih kesabaran dan pengendalian diri," ujarnya.

Kiai Ma'ruf pun mengungkapkan bahwa umat Islam diamanahkan berpuasa, untuk melatih kesabaran dan pengendalian diri. "Karena itu kita semua hendaknya dapat menjaga kesabaran dan pengendalian diri, apalagi di bulan Ramadhan saat ini," katanya.
TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media
Writer
Indozone Media
Reporter
JOIN US
JOIN US