Tanggapi Janji Prabowo, Wapres JK: Ekspor Impor Terjadi Di Negara Manapunphoto/ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Tanggapi Janji Prabowo, Wapres JK: Ekspor Impor Terjadi Di Negara Manapun

"Tidak ada negara yang hanya ekspor melulu,"

INDOZONE.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan teanggapannya terkait janji calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto yang akan menghentikan impor kalau terpilih di Pilpres 2019.

JK pun menilai bahwa di dunia ini butuh ekspor dan impor. Sebab, sebuah negara kata dia dapat memenuhi kebutuhan dengan cara tersebut.

"Dunia ini butuh perdagangan ekspor impor. Kita suatu negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri karena itu harus impor. Tapi untuk membayar impor maka dia ekspor. Jadi suatu negara terjadi impor ekspor negara apapun, tidak ada negara yang hanya ekspor melulu," kata JK di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (6/11), sebagaimana dilansir dari laman merdekacom.

Selain itu, JK juga mengatakan bahwa pemerintah sudah berupaya untuk membatasi impor pangan. Tetapi pembatasan itu harus mempertimbangkan kondisi, mulai dari cuaca hingga perluasan tanah.

"Tujuannya benar yang dimaksud kebutuhan dasar, beras, jagung. Tapi harus produktivitas lahannya harus dinaikkan, butuh riset," ujar JK.