The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Panglima TNI: Pagu Indikatif 2020 Untuk Pembangunan Indonesia Timur
photo/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Forum

Panglima TNI: Pagu Indikatif 2020 Untuk Pembangunan Indonesia Timur

"Pagu indikatif yang sudah dikeluarkan adalah Rp126 triliun,"

Rabu, 19 Juni 2019 20:47 WIB 19 Juni 2019, 20:47 WIB

INDOZONE.ID - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa pagu indikatif tahun 2020 untuk Kementerian Pertahanan yang naik sebesar Rp17 triliun salah satunya akan dialokasikan untuk pembangunan operasi di wilayah Indonesia Timur.

"Pagu indikatif yang sudah dikeluarkan adalah Rp126 triliun, naik Rp17 triliun dari tahun 2019 Rp108 triliun," ujar Hadi Tjahjanto setelah mengikuti rapat tertutup bersama Kementerian Pertahanan dengan Komisi I DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pembangunan di wilayah operasi Indonesia Timur tersebut yakni untuk Komando Operasi Angkatan Udara III, Armada III dan Divisi III.

Kemudian, Panglima TNI merinci kenaikan pagu indikatif itu di antaranya akan digunakan untuk pengembangan organisasi baru yakni Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI sebesar Rp1,9 triliun.

Untuk Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, lanjut dia, masing-masing mendapatkan pagu indikatif sebesar Rp3,4 triliun, Rp2,8 triliun dan Rp3,9 triliun.

Pagu indikatif di tiga angkatan itu bakal dipakai untuk modernisasi alutsista, non-alutsista dan sarana prasarana matra darat, laut dan udara.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Kemhan) Laksamana Madya TNI Agus Setiadji mengatakan Komisi I DPR RI menyetujui pengajuan pagu indikatif tahun 2020 tersebut.

Agus pun mengatakan bahwa kenaikan pagu indikatif tahun 2020 sebesar Rp17,5 triliun yang akan diarahkan masing-masing untuk Mabes TNI, Kementerian Pertahanan dan angkatan.

Pagu indikatif itu, menurut dia, bakal dipakai untuk pengembangan sumber daya manusia di antaranya pendidikan dan latihan serta untuk alutsista.

"Untuk di Kemhan, otomatis sesuai prioritas kami adalah untuk bela negara," ujarnya.

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media
Writer
Indozone Media
Reporter
JOIN US
JOIN US