The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

JK Mengatakan Indonesia Perlu Keseimbangan Koalisi Dan Oposisi
photo/ANTARA FOTO/zarqoni maksum
Forum

JK Mengatakan Indonesia Perlu Keseimbangan Koalisi Dan Oposisi

Jumat, 19 Juli 2019 21:33 WIB 19 Juli 2019, 21:33 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa Indonesia, sebagai negara demokrasi, perlu mempunyai keseimbangan dalam politik. Salah satunya dengan adanya oposisi yang berfungsi sebagai pengawas Pemerintah.

Kemudian, menanggapi adanya kemungkinan Partai Gerindra masuk ke dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Wapres mengatakan hal itu haruslah dibicarakan oleh kedua belah pihak.

"Soal koalisi itu harus ditentukan oleh kedua belah pihak, baik oleh Gerindra apalagi pihak partai pemerintah. Ya nanti dilihat, tapi negeri ini demokrasi, perlu keseimbangan," ujar Wapres setelah memberikan arahan di Sekolah Legislatif Partai Nasdem di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya dalam arahan kepada anggota legislatif terpilih dan kader dari Partai Nasdem, Wapres menekankan tentang pentingnya keseimbangan dalam peran eksekutif, legislatif dan yudikatif di Indonesia.

Adapun keseimbangan itu bisa dilakukan dengan memberikan kritik dan pengawasan kepada pemerintah lewat peran oposisi dan parlemen.

"Pemerintah juga bisa salah arah. Jadi mengkritik Pemerintah itu bagian juga upaya kita untuk memajukan bangsa yang seimbang. Tanpa pengawasan kepada Pemerintah, Pemerintah akan mengalami masalah-masalah jangka panjang," ujarnya.

Selain itu, untuk partai koalisi yang berada di parlemen, Wapres juga berharap supaya tetap melakukan pengawasan dan memberikan kritik yang membangun, walaupun partai itu ada dalam lingkup kekuasaan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Sebagai bagian dari koalisi Pemerintah, partai tentu juga harus memberikan dukungan yang baik kepada Pemerintah. Tanpa dukungan itu, tentu sulit Pemerintah berjalan bersama-sama," katanya.

TAG
Indozone
Zal
Zal
Writer
Zal
Reporter
JOIN US
JOIN US