Fahri Hamzah Mengusulkan Pembentukan Dewan Penyadapan
photo/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Forum

Fahri Hamzah Mengusulkan Pembentukan Dewan Penyadapan

Zal
Selasa, 09 Juli 2019 22:00 WIB 09 Juli 2019, 22:00 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memberikan usulan untuk pembentukan Dewan Penyadapan yang nanti diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Penyadapan yang kini menjadi usul inisiatif DPR RI.

"Harus ada dewan ya, dimana-mana penyadapan itu dikoordinasikan melalui Dewan Penyadapan. Dewan Penyadapan itu yang nantinya memutuskan mana yang boleh disadap, mana yang tidak boleh disadap, dan yang disadap itu mana yang boleh diajukan untuk jadi contoh dan dibawa ke ruang sidang," ujar Fahri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia pun mengatakan bahwa kalau penyadapan tidak ditangani oleh sebuah dewan maka langkah penyadapan terhadap seorang yang seharusnya ada batasannya, bisa melebar kemana-mana.

Fahri pun mencontohkan seorang terkena kasus lalu penyadapan yang dilakukan dari A-Z lalu ditemukan barang bukti baru dan disebut sebagai pengembangan

"Misalnya kasus T lalu yang disadap A-Z maka ditemukan barang bukti baru dan disebut sebagai pengembangan, kan tidak boleh seperti itu. Semua orang kalau disadap dari pagi hingga malam pasti ditemukan (kasusnya) termasuk orang KPK kalau disadap," ujarnya.

Selain itu, Fahri juga mengatakan bahwa kalau dalam RUU Penyadapan akan dibuat mekanisme penyadapan maka harus dibuat lembaga independen seperti yang disebutkannya.

Lebih lanjut, dia pun berharap saat ada lembaga independen itu, maka semua lembaga yang melakukan penyadapan maka berkoordinasi dengan lembaga tersebut.

"Kita bisa gunakan lembaga yang sudah ada misalnya BPK, yang juga punya kemampuan audit, namun kalau mau buat lembaga baru dengan tugas khusus soal penyadapan tidak masalah. Kita juga punya Kominfo yang bisa jadi penanggung jawab dan lembaga-lembaga yang tugasnya mengkalibrasi sistem komunikasi kota agar tidak bocor," ujarnya.

    TAG
    Indozone Media
    Indozone Media

    Zal

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE