Fadli Zon Mendukung Adanya Usulan Pembentukan Pansus Kericuhan Mei
photo/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Fadli Zon Mendukung Adanya Usulan Pembentukan Pansus Kericuhan Mei

indozone
Indozone Forum Selasa, 11 Juni 2019 20:24 WIB 11 Juni 2019, 20:24 WIB
Fadli Zon, selaku Wakil Ketua DPR RI mendukung adanya usulan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) mengenai kericuhan yang terjadi pada 21-22 Mei lalu supaya diperoleh informasi yang komprehensif.

"Itu usulan yang baik, kita ingin semuanya ada kejelasan, bagaimana latar belakang, siapa pelaku, siapa yang menjadi korban dan kerugiannya seperti apa," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Tapi dia menilai bahwa pembentukan Pansus tersebut tergantung pada para pengusul, karena ada mekanisme yang harus dilalui.

Selain itu, Fadli juga mengatakan bahwa peristiwa kericuhan tersebut menimbulkan korban jiwa dan luka-luka, serta masih ada yang hilang dan ditemukan.

Ia mengatakan, seharusnya ada Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang terdiri dari masyarakat sipil, pihak-pihak terkait sehingga ada independensi tim untuk membongkar apa yang sebenarnya terjadi.

"Agar ada independensi dari tim untuk membongkar apa yang sebenarnya terjadi dan kenapa sampai timbul korban jiwa, kemudian mungkin bisa dipelajari tentang siapa yang melakukannya," ujarnya.

Lebih lanjut, Fadli mengatakan untuk bisa mengungkap peristiwa tersebut harus holistik, jangan satu versi dari pemerintah sehingga dibutuhkan TGPF yang terdiri dari seluruh unsur.
    Indozone Media

    Zal

    Editor