The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

KPU: Santunan Untuk 542 Petugas KPPS Se-Indonesia Rampung Tahun Ini
photo/ANTARA News/Pamela Sakina
Forum

KPU: Santunan Untuk 542 Petugas KPPS Se-Indonesia Rampung Tahun Ini

Sabtu, 20 Juli 2019 22:12 WIB 20 Juli 2019, 22:12 WIB

INDOZONE.ID - Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra mengatakan bahwa santunan yang diberikan untuk 542 ahli waris petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Indonesia yang meninggal dunia selama penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 ditargetkan akan rampung tahun ini.

"Pokoknya target selesai sampai tahun ini, jangan sampai enggak dapat lah (target)," kata Ilham saat ditemui ANTARA di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu.

Sebelumnya Ilham mengatakan telah menyalurkan santunan duka kepada 162 ahli waris di sejumlah daerah di Indonesia seperti Banten, Bogor, Bekasi, Jakarta, Yogyakarta, dan juga sebagian daerah di Jawa Timur.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dimiliki KPU, total yang meninggal dunia sebanyak 749 orang petugas, di mana 542 di antaranya sudah dilakukan verifikasi.

Ilham pun mengatakan bahwa nama yang tidak terverifikasi berarti tak memenuhi syarat ketentuan, salah satunya meninggal dunia di luar tanggal yang telah ditentukan yaitu mulai sejak persiapan Pemilu hingga 10 Mei 2019.

"Kita kan pakai uang negara, tidak boleh asal, harus betul-betul diverifikasi," kata Ilham.

Kemudian, Ilham mengatakan setelah memberikan santunan ke 162 ahli waris, kini KPU belum melanjutkan pemberian santunan kepada 380 orang lainnya dikarenakan masih mengurus administrasi.

"Ada persoalan administrasi yang belum selesai, salah satunya perihal penyaluran dana dari Departemen Keuangan, Insya Allah dalam waktu dekat kami selesaikan semuanya," ujarnya.

TAG
Indozone
Zal
Zal
Writer
Zal
Reporter
JOIN US
JOIN US