The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wajib Dicoba, Ini 5 Varian Kuliner Bubur Khas Indonesia
photo/Instagram/@foodnerdy/@loiswij
Food

Wajib Dicoba, Ini 5 Varian Kuliner Bubur Khas Indonesia

Senin, 19 Agustus 2019 17:01 WIB 19 Agustus 2019, 17:01 WIB

INDOZONE.ID - Bubur merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi banyak orang ketika di pagi hari, sebelum memulai aktivitas harian yang padat. Selain karena rasanya lezat, bubur dipilih karena bisa mengisi perut tanpa harus merasa begah atau kekenyangan berlebih.

Mungkin yang paling sering didengar seperti bubur kacang hijau, pulut hitam, atau bubur ayam. Namun selain itu, ada beberapa jenis bubur dengan rasa yang tak kalah lezat.

Apa saja ya? Nah, dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (19/8), berikut ini 5 varian kuliner bubur khas Indonesia yang bisa kamu cobain:

1. Bubur Kampiun

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Food Nerd (@foodnerdy) on

Bubur kampiun memiliki rasa manis yang khas. Berbeda dari jenis bubur lainnya, bubur yang berasal dari Minangkabau ini terdiri dari beberapa jenis bubur yang dicampur menjadi satu. Di antaranya, ada bubur sumsum, ketan hitam, kacang hijau, kolak pisang atau ubi, dan bubur candil.

2. Bubur Manggul

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @yuliafoods on

Bubur manggul jadi favorit masyarakat Madura. Varian bubur ini dibuat dari tepung beras, serunding gurih, dan siraman sambal udang yang lezat. Bahkan, bubur manggul juga sering ditambah dengan lalapan berupa daun kemangi yang membuat aromanya lebih menggoda.

3. Bubur Ase

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by erna (@erna_naranda) on

Orang Betawi pasti tak asing dengan bubur yang satu ini. Bubur Ase diambil dari bahasa Betawi yang artinya asinan. Satu mangkok bubur ini terdiri dari bubur nasi dengan paduan sawi asin, toge, serta irisan wortel, lobak, sambal, tahu, kacang, dan kerupuk yang disiram kuah semur tahu.

4. Bubur Jali-jali

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lois Wijayanti (@loiswij) on

Sekilas, bubur ini mirip seperti bubur merah putih. Tapi jika diperhatikan lagi, bubur ini lebih mirip dengan bubur ayam. Bedanya, bubur jali-jali ditambah dengan kuah santan atau gula Jawa. Bubur jali-jali sangat baik dikonsumsi di pagi hari karena membantu melancarkan buang air besar.

5. Bubur Manado

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lilik Indrayani (@lilik_indrayani_81) on

Seperti namanya, bubur ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Bubur ini terkenal sampai ke mancanegara. Terbuat dari nasi masak dengan berbagai sayuran seperti jagung, ubi jalar, labu kuning, kangkung, bayam, dan kemangi, membuat rasa lezat bubur Manado tidak diragukan lagi. Biasanya, bubur Manado disajikan dengan suwiran ikan tuna, ikan jambal, dan sambal rica-rica.

TAG
Indozone
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US