The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Di Sini "Kue Lebaran" Ready Sepanjang Tahun: Fresh From the Oven, Ukurannya Besar!
Kurabiye hangat dijual di festival (Elisa Oktaviana/Z Creators)
Food

Di Sini "Kue Lebaran" Ready Sepanjang Tahun: Fresh From the Oven, Ukurannya Besar!

Sabtu, 30 Juli 2022 17:31 WIB 30 Juli 2022, 17:31 WIB

INDOZONE.ID - Di Indonesia, cookies alias kue kering identik dengan Idul Fitri dan Natal. Kalau di Turki, cookies selalu tersedia tiap hari, sepanjang tahun. Orang Turki menyebutnya kurabiye. Hampir semua toko kue dan toko roti di negara ini menjual kurabiye yang diproduksi harian. Fresh from the oven!   

Ukuran kurabiye cukup besar, bisa dua sampai tiga kali lipat kue kering di Indonesia. Ada lebih dari 60 varian, manis dan asin. Salah satu yang klasik dan selalu ada di setiap toko kue dan roti adalah un kurabiyesi, yang artinya kue terigu.

Kue kering klasik ini bertabur gula halus dan melted di mulut. Varian tradisional lainnya, jeruk dan apel kayu manis.

kurabiye
Varian kurabiye manis, bertabur pistachio (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Seperti kue kering pada umumnya, kurabiye terbuat dari tepung terigu. Karena harga mentega di Turki lumayan mahal, produsen menggantinya dengan margarin dan minyak biji bunga matahari. Untuk pemanis, menggunakan gula, konsentrat anggur atau pasta wijen. Tanpa tambahan bahan-bahan kimia, kurabiye bisa bertahan hingga 1 tahun.

kurabiye
Kurabiye diproduksi setiap hari (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Kurabiye manis umumnya bertabur topping chocolate chips, gula halus, kelapa parut, kacang-kacangan seperti pistachio, hazelnut dan walnut. Ada juga yang berlapis glaze alias cokelat leleh.

Sementara, kurabiye asin bertabur kacang wijen, habbatussauda alias jintan hitam, kuaci, hashas atau biji bunga opium, juga kacang-kacangan.

kurabiye
Kurabiye asin bertabur kacang-kacangan (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Kurabiye pertama kali diproduksi di Iran, pada abad ke-7 Masehi. Kemudian menyebar ke Turki dan sejumlah negara seperti Azerbaijan, Yunani dan Bulgaria. Di Turki, kurabiye mulai populer sekitar abad ke-15, di era Kekaisaran Ottoman. Bahkan jadi bagian penting dalam tradisi masyarakat Turki, sampai sekarang.

kurabiye
Varian kurabiye mencapai puluhan (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Kurabiye biasanya jadi cemilan saat tea time atau setelah makan malam. Lengkap dengan kopi dan teh Turki. Kurabiye juga jadi buah tangan populer saat mengunjungi rumah teman atau keluarga. Kemudian tuan rumah akan menyajikan kurabiye, untuk dinikmati bersama.

kurabiye
Varian kurabiye modern (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Di festival-festival atau bazaar, pedagang dari berbagai daerah umumnya memanggang langsung kurabiye di stan. Sehingga pembeli bisa menikmati kurabiye hangat.

Harga kurabiye rata-rata 60 TL per kilogram, atau sekitar Rp50 ribu. Kita bisa memilih aneka varian dalam 1 kg. Boleh juga membeli dalam porsi kecil.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US