The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Punya Rasa yang Enak, Durian dan Salak Justru Pantang Disajikan saat Imlek, Ini Alasannya
Kolase buah durian dan salak (Instagram/ucok.durian_medan/kardianakadir)
Food

Punya Rasa yang Enak, Durian dan Salak Justru Pantang Disajikan saat Imlek, Ini Alasannya

Senin, 24 Januari 2022 12:30 WIB 24 Januari 2022, 12:30 WIB

INDOZONE.ID - Momen Imlek selalu diisi dengan acara makan bersama keluarga besar. Pada jamuan makan tersebut, makanan yang dihidangkan haruslah makanan terbaik dan tidak melanggar tradisi. 
 
Bukan hanya makanan, kudapan hingga buah pencuci mulut pun juga harus yang terbaik. Itu mengapa kamu pasti sering melihat jeruk, pir atau pisang sebagai buah sajian ketika Imlek tiba.

Akan tetapi sangat jarang terlihat, bahkan tidak mungkin ada buah seperti durian, salak atau sirsak yang ikut tersaji. Ya, buah-buahan dengan struktur kulit berduri dan tajam memang bukan sajian utama dalam hidangan perayaan Imlek.

Buah-buahan seperti itu dianggap tabu alias pantang dimakan di momen Imlek. Kulitnya yang tajam menjadi gambaran kesulitan kehidupan dan itu bukanlah harapan yang baik di tahun baru. 

Selain itu, masyarakat Tionghoa juga percaya menyantap makanan yang kaya makna atau membawa berkah ketika Imlek, sama halnya seperti mendoakan harapan di tahun yang akan datang. Jadi makanan dengan filosofi buruk pasti akan dihindari meskipun punya rasa yang enak.

Termasuk di antaranya durian, sirsak, salak atau jenis buah berduri lainnya. Duri-duri pada buah tersebut dipercaya melambangkan kesialan, ketidakharmonisan, dan pertikaian. Namun di hari biasa, mereka tetap bisa menikmati buah-buahan tersebut sepuasnya.

Maka sebagai gantinya, buah dengan tampilan cantik, cerah dan berasa manis yang akan dihadirkan sebagai jamuan saat makan keluarga atau sebagai suguhan para tamu. Namun ada juga buah yang pilih karena dianggap membawa kemakmuran, seperti jeruk, semangka, apel, dan pir.

Selain buah, ada juga beberapa jenis makanan lain yang dilarang disantap ketika Imlek. Beberapa di antaranya seperti lobster, bubur, ikan tanpa kepala hingga makanan yang rasanya pahit.

Makanan-makanan tersebut pantang disajikan dan disantap saat Imlek karena dianggap bisa membawa nasib buruk. Contohnya lobster yang secara alami berjalan dengan cara mundur. Di mana dikhawatirkan bisa membawa kemunduran bagi orang yang melahapnya ketika Imlek.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US