The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Alasan Kamu Harus Makan Makanan Pedas Lebih Banyak
Ilustrasi makanan pedas. (Pixabay/sharonang)
Food

5 Alasan Kamu Harus Makan Makanan Pedas Lebih Banyak

Kamis, 17 September 2020 11:00 WIB 17 September 2020, 11:00 WIB

INDOZONE.ID - Makanan pedas sering dianggap sebagai makanan yang penuh tantangan selain kenikmatan rasa makanan itu sendiri. 

Orang Indonesia sepertinya sudah cukup umum menyantap makanan pedas. Beberapa pecinta pedas mungkin sering menaruh bumbu penambah pedas lain ke dalam makanan jika dirasa kurang 'nendang', hingga sesuai toleransi tubuh mereka.

Manfaat makanan pedas
Ilustrasi cabe pedas. (Pixabay/balouriarajesh)

Jika kalian belum menyukainya mungkin perlu mengetahui beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba makanan pedas.

1. Mengurangi Asupan Kalori

Makan beberapa makanan pedas bisa membantu Anda mengurangi asupan kalori. Hal ini disampaikan oleh Dr. J Phillip E Gatcha, DC dari Institut Kesehatan Fungsional Atlanta.

Ini karena capsaicinoid dalam makanan pedas, seperti cabai, telah terbukti mengurangi keinginan akan makanan berlemak, manis, dan asin. 

2. Meredakan Gejala Pilek 

Sedikit rasa pedas dapat membuka saluran hidung Anda dan meredakan gejala flu dan pilek. Hidung tersumbat menyebabkan hidung membengkak dan lendir yang menumpuk.

Menyantap makanan pedas dapat membantu mengencerkan lendir dan membersihkan hidung yang tersumbat. Saluran hidung akan terbuka dan meredakan gejala pilek. 

Manfaat makanan pedas
Ilustrasi makanan pedas. (Pixabay/Baohm)

3. Meningkatkan Pencernaan

Makanan panas atau pedas membuat kita selalu mencari air untuk membantu menenangkan indra perasa kita. Jadi, selain meningkatkan produktivitas untuk pencernaan dan kesehatan usus kita, makan makanan pedas bisa membuat kita lebih sering menyesap air secara teratur dan membawa kita menuju delapan gelas penuh air setiap hari.

4. Meningkatkan Kebahagiaan

Siapa sangka makanan pedas bisa mengundang perasaan bahagia. Makanan pedas memiliki hormon penting untuk membuat wajah kita tersenyum. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa makan makanan pedas dapat menghasilkan serotonin atau hormon bahagia. 

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Adanya vitamin A dan C dalam makanan pedas berperan penting dalam memperkuat dinding otot jantung. Begitu juga dengan panas yang dihasilkan oleh bumbu pedas akan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan sirkulasi tubuh secara keseluruhan. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US