The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Unik! Bakso Kuah Bumbu Rujak yang Khas dari Sumenep
Bakso bumbu rujak, kuliner khas Sumenep bercita rasa unik (Deni Agustian/IDZ Creator Community)
Food

Unik! Bakso Kuah Bumbu Rujak yang Khas dari Sumenep

Jumat, 03 Desember 2021 12:17 WIB 03 Desember 2021, 12:17 WIB

INDOZONE.ID - Pernah dengar sajian bakso rujak? Ya, makanan yang fenomenal dari Sumenep, Madura ini menggabungkan dua kuliner, yakni bakso dan rujak dalam satu mangkuk.

Sebelum disajikan, penjual biasanya membuat bumbu rujaknya terlebih dahulu yang diolah dari kacang, petis Madura, pisang muda yang diulek rata. Setelahnya baru ditambahkan beberapa potong lontong, cacahan timun, hingga sayuran.

bakso rujak, bakso kuah rujak
Deni Agustian (IDZ Creator Community)

Lalu isian bakso ditambahkan di atasnya, seperti mi, kubis, saus dan kecap. Lalu terakhir diberi topping 6 buah pentol bakso, tahu dan guyuran kuah bakso. Taburan bawang goreng, siap menambah aroma. Cita rasa yang tercipta dari bakso rujak ini sudah pasti gurih, asam dan manis segar. 

bakso rujak, bakso kuah rujak, makanan khas sumenep
Deni Agustian (IDZ Creator Community)

Di Sumenep, penjual bakso rujak banyak, salah satunya bisa kamu cicipi di warung Amanah, milik Haena di Desa Banjar Barat, Kecamatan Gapura, Sumenep. Haena sendiri sudah menyajikan bakso rujak sejak 21 tahun lalu.

Menurut Haena, menu ini tercipta dari ketidaksengajaan, karena kala itu banyak pelanggan yang memesan rujak namun jumlahnya kurang ketika akan disajikan. Untuk mengganti kekurangan porsi rujak, Haena lantas menambahkan bakso dan kuah di atas rujaknya.

bakso rujak, bakso kuah rujak
Deni Agustian (IDZ Creator Community)

Enggak disangka, perpaduan dua menu ini justru memikat lidah para pelanggannya. Sejak itulah, Haena konsisten berjualan bakso rujak.

Setiap hari, 100 porsi bakso rujak ludes terjual, enggak heran kalau dalam sehari Haena bisa memproduksi 3 kilogram adonan pentol bakso. Dengan harga Rp8 ribu per porsi, Haena bisa kantongi omzet hingga Rp400 ribu per harinya.

Gimana, pecinta bakso dan rujak penasaran mencoba menu unik ini? Langsung saja meluncur ke Warung Amanah yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 16.00.

TAG
Rini Puspita
Deni Agustian
Deni Agustian

Deni Agustian

Community Writer
JOIN US
JOIN US