The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jalangkote, Kue Makassar yang Wajib saat Ramadhan, 'Lenyap' karena Minyak Goreng Langka
Ilustrasi kue jalangkote khas Makassar. (Freepik/ikarahma)
Food

Jalangkote, Kue Makassar yang Wajib saat Ramadhan, 'Lenyap' karena Minyak Goreng Langka

Rabu, 13 April 2022 09:44 WIB 13 April 2022, 09:44 WIB

INDOZONE.ID - Setiap daerah memiliki khazanah kulinernya masing-masing, baik itu berupa makanan berat hingga makanan ringan.

Di Makassar, salah satu kue ringan yang khas dan selalu ada saban Ramadhan adalah jalangkote.

Namun sayang, tahun ini, kue yang sedap disantap dengan saus sambal cuka itu tidak hadir di warung-warung penjual gorengan di Makassar.

Apa pasal?

Tak lain tak bukan adalah langkanya minyak goreng.

Ilustrasi kue jalangkote khas Makassar. (Freepik/ikarahma)
Ilustrasi kue jalangkote khas Makassar. (Freepik/ikarahma)

Seiring naiknya harga minyak goreng, jalangkote mulai berkurang karena pedagang kecil beralih ke berjualan penganan lain, seperti pisang ijo dan lainnya, demikian disiarkan Antara.

Betapa tidak, salah satu unsur penting dari pembuatan jalangkote adalah minyak goreng. Kudapan khas Sulawesi Selatan ini juga sudah menjadi salah satu ikon dari 10 daftar menu kuliner resmi Kota Makassar.

Makna Jalangkote

Berbagai catatan sejarah menyebutkan bahwa jalangkote berasal dari dua kata, yakni "jalang" yang berarti jalan dan "kote" berarti berkotek-kotek atau berteriak.

Jalangkote dulu dijajakan oleh anak kecil dari rumah ke rumah, dengan teriakan khas. Maka disebutlah makanan ini sebagai jalangkote. 

Sekilas jajanan ini mirip dengan pastel, yang membedakan hanya pada tekstur kulitnya. Kulit jalangkote lebih tipis dan lebih renyah dibandingkan pastel.

Jalangkote memiliki isian potongan telur, ubi jalar yang dipotong kecil menyerupai dadu, serta beberapa sayuran, seperti taoge dan wortel. Seiring berkembangnya zaman, isian jalangkote mulai divariasiakan, sesuai dengan cita rasa masing-masing.

Unsur penting dari jalangkote ada pada sausnya, yang umumnya menggunakan campuran saos cabai, sedikit cuka, gula pasir dan bahkan ada yang menggunakan cabai rawit. Berbeda dengan pastel yang hanya menggunakan cabai rawit.

Bagi sebagian warga Makassar, jalangkote merupakan salah satu menu wajib saat akan berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Di setiap bazar Ramadhan yang digelar di beberapa tempat, jalangkote dipastikan ada dalam meja jajaan.

Ujian bagi pedagang gorengan mulai dirasa tatkala salah satu komoditas kebutuhan bahan pokok itu menjadi barang yang dirasa berat oleh para pedagang.

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Bikin Jalangkote, Kudapan Pastel Ala Makassar

Bocah 'Jalangkote' Kaki Ayam Ketemu Bos Tiran Grup, Diberi Uang dan Kerja Tanpa Testing

Bocah Penjual Jalangkote yang Jadi Korban Bully Diundang ke Rumah Gubernur Sulsel


TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US