Ini Perbedaan Antara Pecel, Karedok, dan Gado-gado
Instagram/bumininiresto
Food

Ini Perbedaan Antara Pecel, Karedok, dan Gado-gado

Jumat, 11 Oktober 2019 15:28 WIB 11 Oktober 2019, 15:28 WIB

INDOZONE.ID - Antara pecel, karedok, dan gado-gado memang memiliki tampilan sajian yang nyaris serupa. Padahal, ketiga kuliner itu memiliki perbedaannya masing-masing, mulai dari bahan hingga cita rasanya.

Kira-kira, apa perbedaan antara ketiga kuliner tersebut?

Pecel

perbedaan pecel karedok gado gado
Instagram/deniszainal

Pecel sendiri merupakan kuliner yang berasal dari Yogyakarta dan Madiun. Bumbu pecel terbuat dari kacang dan campuran rempah lainnya yang membuat bumbunya menjadi tahan lama. Sajian pecel terdiri dari sayur-sayuran seperti kangkung, ubi jalar, daun beluntas, serta daun pegagan. Semua sayur di dalam pecel terlebih dahulu direbus, makanya sayur pecel terlihat lebih layu.

Karedok

perbedaan pecel karedok gado gado
Instagram/elsafooddiary

Karedok merupakan kuliner yang berasal dari Sunda. Bentuknya memang nyaris serupa dengan pecel, namun hanya saja pada bumbu karedok ada tambahan seperti terasi, cabai, hingga kencur. Selain itu, bumbu karedok tidak tahan lama seperti pecel. Sajian karedok terdiri dari kol, kacang panjang, kemangi, tauge, hingga kubis.

Gado-gado

perbedaan pecel karedok gado gado
Instagram/mamakustreetfood

Gado-gado dikenal sebagai saladnya orang Indonesia. Setiap sajian gado-gado terdiri dari sayuran seperti kol, kubis, mentimun, serta tauge dan disiram dengan kuah kacang yang bumbunya sangat berbeda dengan pecel apalagi karedok. Biasanya, gado-gado akan disajikan beserta emping ataupun kerupuk udang.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Ananda Fakhreza Lubis

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US