The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sarapan di Negara Ini Menunya Sampai Puluhan Macam, Terlengkap di Dunia!
Sebagian menu sarapan yang "wajib" terhidang (Elisa Oktaviana/Z Creators)
Food

Sarapan di Negara Ini Menunya Sampai Puluhan Macam, Terlengkap di Dunia!

Jumat, 05 Agustus 2022 18:33 WIB 05 Agustus 2022, 18:33 WIB

INDOZONE.ID - Bagi orang Turki, sarapan merupakan ‘ritual wajib’. Bukan sekadar mengenyangkan perut. Tapi juga menikmati momen kebersamaan dengan keluarga ataupun sahabat. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-berjam di meja makan, sambil menyantap beragam menu.

Lengkap dengan teh Turki panas yang disajikan berkali-kali, sampai sarapan selesai.

sarapan ala turki
Sarapan ala prasmanan, menunya sampai ratusan (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Sarapan ala Turki termasuk salah satu yang terbaik dan terlengkap di dunia. Karena makanan yang tersaji di atas meja, bisa mencapai belasan bahkan puluhan! Tradisi menikmati menu ‘melimpah’ ini, udah ada sejak zaman Kekaisaran Turki Utsmani atau Ottoman, yang pernah berkuasa lebih dari 600 tahun.

sarapan turki
Sarapan disajikan dalam piring-piring kecil (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Menu wajibnya antara lain aneka roti, beberapa jenis zaitun, mentega, beragam jenis keju, krim keju, madu, berbagai varian marmalade dan selai buah, selai coklat dan selai kacang, salami, daging asap dan sosis khas Turki, olahan telur, molase, buah-buahan kering, kacang-kacangan, potongan mentimun, tomat, paprika dan beberapa sayuran hijau. 

sarapan turki
Konsep sarapan dengan nuansa pedesaan (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Menu pelengkap lainnya, gozleme alias pancake Turki yang berisi keju feta, kentang rebus, bayam, atau daging sapi giling. Ada juga pisi sejenis donat goreng. Di beberapa daerah, menu sarapan tradisionalnya lebih “heboh” lagi.

Semua tergantung sumber daya alam yang mereka punya.

ngopi turki
Tradisi ngopi setelah sarapan (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Dalam bahasa Turki, sarapan disebut kahvalti yang berarti ‘sebelum kopi’. Karena ada tradisi minum kopi setelah makan pagi. Beberapa tahun belakangan, muncul puluhan restoran yang menawarkan berbagai konsep sarapan.

Ada Koy Kahvalti atau ‘Sarapan Ala Desa’. Kalian bisa menikmati ragam menu tradisional Turki dengan nuansa pedesaan, di atas aliran sungai bahkan di sekitar air terjun.

sarapan turki
Tradisi sarapan dan kumpul keluarga di Turki (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Ada juga Serpme Kahvalti. Dalam konsep ini, jumlah menunya bisa mencapai 20 jenis. Tapi, makanan disajikan dalam piring-piring berukuran kecil. Cocok buat kalian yang engga bisa makan terlalu banyak di pagi hari.

Hampir semua restoran dan kafe di Turki biasanya punya layanan Serpme Kahvalti.

Konsep yang terakhir, engga sepopuler Serpme Kahvalti. Namanya Acik Bufe yang berarti prasmanan. Hanya ada beberapa restoran yang menawarkan konsep ini. Biasanya hanya akhir pekan dan harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

sarapan turki
Sebagian menu "wajib" sarapan di Turki (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Dalam Acik Bufe, menunya bisa mencapai lebih dari 100 macam. Kalian boleh makan sepuasnya. Teh dan air minum juga udah termasuk. Rata-rata tarif Acik Bufe sekitar 80 TL untuk dewasa (Rp66 ribu), anak-anak di atas 6 tahun 40TL (Rp33 ribu). Sementara anak-anak di bawah 5 tahun, gratis.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US