The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pungut Makanan Terjatuh Sebelum 5 Detik, Amankah?
Ilustrasi/Ist
Food

Pungut Makanan Terjatuh Sebelum 5 Detik, Amankah?

Senin, 17 Juni 2019 15:30 WIB 17 Juni 2019, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - "Sebelum limat menit!" itulah yang kerap kali diucapkan oleh masyarakat Indonesia ketika makanan yang dipegangnya terjatuh untuk kemudian diambil lagi dan tetap dikonsumsi. Namun sebenarnya, apakah kebiasaan tersebut aman untuk dilakukan?

Kebiasaan yang sama juga terjadi di Barat, mereka mengenalnya dengan '5 second rule'. Ya intinya sama saja, makanan yang terjatuh sebelum 5 detik dianggap masih layak untuk dimakan.

Namun faktanya, kebiasaan itu hanyalah merupakan mitos belaka. Sebab, menurut penelitian, setiap makanan yang sudah terjatuh tidak mungkin benar-benar terhindar dari yang namanya kuman dan bakteri.

"Mitos peraturan 5 detik merupakan mitos populer yang sudah ada sejak lama. Tapi, tidak, itu bukanlah peraturan yang dapat diikuti," kata Arefa Cassoobhoy, Editor laman WebMD.

Pernyataan dari Arefa bisa dibenarkan lewat sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Applied and Enviromental Microbiology. Dalam penelitian tersebut menemukan fakta bahwa setiap makanan yang sudah terjatuh otomamtis terkontaminasi dengan kuman dan bakteri. Penelitian itu juga menyebutkan bahwa semakin lama makanan yang terjatuh dibiarkan, makan semakin banyak pula bakteri yang menempel.

Jadi, mau hanya terjatuh dalam beberapa detik saja, makanan tersebut tentu saja berisiko terpapar kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Nanda

Writer
Indozone Media

Indozone Food

Reporter
JOIN US
JOIN US