The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Banyak Manfaat, 6 Buah yang Wajib Dikonsumsi saat Buka Puasa dan Sahur
Apel bisa membuat Anda lebih lama kenyang saat puasa. (Pexels/Pixabay)
Food

Banyak Manfaat, 6 Buah yang Wajib Dikonsumsi saat Buka Puasa dan Sahur

Buah yang wajib dikonsumsi di bulan Ramadan.

Rabu, 14 April 2021 14:09 WIB 14 April 2021, 14:09 WIB

INDOZONE.ID - Meski berpuasa di bulan Ramadan, namun memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga tak kalah penting. Beberapa jenis buah-buahan yang lezat ini bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa atau sahur.

Kandungan vitamin dalam buah-buahan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur akan menjaga tubuh Anda tetap fit selama berpuasa di bulan Ramadan. Selain vitamin, serat dan mineral dari buah-buahan juga bagus untuk kesehatan tubuh.

Lantas buah-buahan apa saja yang bisa dikonsumsi saat berbuka atau sahur. Berikut Indozone merangkum beberapa buah-buahan yang wajib dikonsumsi selama bulan puasa.

Baca Juga: Penumpang MRT Kini Boleh Batalkan Puasa saat Berada di Dalam Kereta, Catat Syaratnya

1. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh
Alpukat kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh (Pexels/Ready Made).

Alpukat menjadi buah yang sangat cocok dikonsumsi saat bulan puasa. Selain rasanya yang lezat, mengonsumsi akpukat saat berbuka juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Alpukat kaya akan zat besi, vitamin B, hingga lemak baik yang cocok dijadikan sumber energi. Selain itu, mengonsumsi alpukat juga ampuh untuk menurunkan berat badan Anda.

2. Apel

Apel bisa membuat Anda lebih lama kenyang saat puasa
Apel bisa membuat Anda lebih lama kenyang saat puasa (Pexels/Pixabay).

Apel menjadi buah yang cukup familiar untuk dikonsumsi sehari-hari, tak terkecuali saat bulan puasa. Apel juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan ekanan darah.

Mengonsumsi apel saat berbuka puasa akan mencegah Anda makan berlebihan. Apel menjadi buah yang dapat menahan nafsu makan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Pisang

Kandungan berbagai vitamin membuat pisang bisa dikonsumsi oleh para penderita maag yang berpuasa.
Kandungan berbagai vitamin membuat pisang bisa dikonsumsi oleh para penderita maag yang berpuasa.Pisang (Pexels/Ryutaro-Tsukata)

Pisang kaya akan vitamin A, Bi, B2, dan C sehingga tak diragukan lagi jika buah satu ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa atau sahur. Kandungan berbagai vitamin membuat pisang bisa dikonsumsi oleh para penderita maag yang berpuasa.

Pisang juga dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh menjadi lebih stabil selama menjalankan ibadah puasa.

4. Blewah

Blewah banyak ditemukan selama bulan Ramadan. Blewah memiliki tekstur buah yang manis dan juga bermanfaat untuk membantu penyerapan zat-zat dalam makanan. 

Selain segar dikonsumsi saat berbuka puasa, blewah juga ampuh menyerap zat-zat yang tak diperlukan dari makanan-makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, dan juga bisa mengatasu mual karena asam lambung.

5. Kurma

Menjadi buah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma diketahui memberikan manfaat positif untuk tubuh. Kandungan mineral yan cukup tinggi dalam kurma membuat Anda tidak cepat haus di siang hari.

Kurma juga bisa menahan rasa lapar dan membuat Anda cepat kenyang ketika dikonsumsi sebagai takjil saat berbuka puasa. Namun perlu diingat, tidak perlu berlebihan mengonsumsi kurma saat berbuka maupun sahur, cukup 3 butir saja seperti anjuran Nabi Muhammad SAW.

kurma, makanan saat ramadan, puasa,
Kurma menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi saat bulan Ramadan. (Pexels/Naim Benjelloun)

6. Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan isotonik yang bermanfaat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa. Air kelapa juga bermanfaat mengobati lambung perih saat asam lambung naik.

Penderita darah tinggi dan diabetes juga dianjurkan meminum air kelapa ketika berbuka puasa karena bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan juga menurunkan kolesterol.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US