Tips Mengolah Sayur Gambas Agar Tidak Terlalu Pahit
Istimewa
Food

Tips Mengolah Sayur Gambas Agar Tidak Terlalu Pahit

Sabtu, 30 November 2019 15:04 WIB 30 November 2019, 15:04 WIB

INDOZONE.ID - Sayur gambas atau lebih sering disebut sayur oyong merupakan salah satu sayuran yang nikmat jika diolah menjadi menu masakan. Sayur oyong kerap diolah menjadi sayur bening atau sekadar tumisan untuk pelengkap menu makan yang lezat.

Tidak hanya soal cita rasanya, sayur oyong juga kaya akan kandungan nutrisi. Mulai dari vitamin A, B, dan C yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, sayur oyong juga dikenal sebagai sayuran yang tinggi akan serat, zat besi, dan magnesium.

tumis oyong
Ilustrasi/Instagram/emmy_gho

Sayangnya, tidak semua orang bisa mengolah sayur oyong dengan benar. Bahkan, sayur oyong yang seharusnya bisa menjadi sajian yang sedap malah berakhir dengan rasa yang pahit akibat salah dalam mengolahnya.

Oleh karena itu, Indozone akan berbagi tips bagaimana mengolah sayur oyong dengan cara yang benar agar sayur tidak terasa terlalu pahit. Yuk, simak informasinya berikut ini.

Oyong muda

Jika kamu hendak mengolah oyong, maka pastikan yang kamu olah adalah sayur oyong yang masih muda. Sebab, oyong yang sudah berusia tua memiliki rasa yang memang cenderung pahit.

Sebelum dikupas, oyong dicuci terlebih dahulu

Oyong memiliki tekstur kulit yang sangat kasar sehingga kotoran sangat mudah menempel di sela-selanya. Nah, sebelum mengupas oyong, maka terlebih dahulu kamu harus mencuci bersih kulit oyong di bawah air yang mengalir. Cara ini terbukti dapat mengurangi rasa pahit pada oyong.

oyong
Ilustrasi/Instagram/bakulsegomake

Kulit kerasnya wajib dikupas

Oyong memiliki bagian-bagian kulit keras yang memanjang. Sebelum oyong diolah, maka sebaiknya kupas terlebih dahulu kulit keras yang ada pada oyong.

Masukkan oyong di akhir

Pada saat hendak menumis sayur oyong atau pun membuatnya menjadi sayur bening, maka disarankan memasukkan oyong di akhir proses memasak. Hal ini untuk mencegah sayur oyong yang lembut tidak mudah hancur saat dimasak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU