Berapa Lama Batas Aman Menyimpan Daging di Dalam Kulkas?
Ilustrasi/Pexels
Food

Berapa Lama Batas Aman Menyimpan Daging di Dalam Kulkas?

Sabtu, 04 Januari 2020 16:04 WIB 04 Januari 2020, 16:04 WIB

INDOZONE.ID - Menyimpan daging di dalam kulkas sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang yang memiliki stok daging berlebih. Namun sayangnya, masih banyak yang belum tau berapa lama waktu batas aman menyimpan daging di dalam kulkas.

Karena ketidaktahuan soal waktu batas aman menyimpan daging di dalam kulkas, menurut laporan dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan ada sekitar 48 juta orang di dunia mengalami keracunan makanan setiap tahunnya, baik itu dikarenakan makanan di restoran maupun di rumah.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebutkan bahwa ada dua tipe bakteri dalam makanan. Bakteri patogen yang dikatakan lebih berbahaya biasanya berkembang biak di makanan yang tidak di masukkan ke dalam kulkas dan makanan ini sulit dideteksi dari tampilan, bau, dan bahkan rasanya.

Sementara, bakteri penyebab makanan basi sangat mudah dideteksi melalui tampilan, bau, serta cita rasanya.

Kondisi inilah mengapa alasan menyimpan makanan di dalam kulkas dengan baik dan benar sangat penting dilakukan. Tapi, kamu harus tau juga berapa lama waktu batas aman menyimpan makanan di dalam kulkas.

Menurut USDA, menyimpan daging sapi yang digunakan untuk steak maksimal selama 12, sementara daging yang telah dicincang maksimal selama empat bulan saja. Setelah daging dimasak, batas maksimal menyimpannya di dalam kulkas hanya tiga bulan saja.

Sementara untuk daging ayam, disarankan menyimpannya tidak lebih dari sembilan bulan. Namun jika telah dicincang, maka tidak lebih dari empat bulan masa penyimpanan.

Sedangkan untuk daging seafood, pada ikan salmon maksimal disimpan selama tiga bulan. Jika ikan sangat berlemak, maka maksimal penyimpanan bisa sampai delapan bulan. Lalu untuk udang atau pun kerang, hanya bisa disimpan selama dua minggu saja.

Tentu untuk menyimpan daging sapi, ayam, ataupun seafood harus dilakukan di dalam freezer.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US