Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Shirataki
Ilustrasi olahan shirataki. (Instagram/onedayketo)
Food

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Shirataki

Minggu, 23 Februari 2020 05:11 WIB 23 Februari 2020, 05:11 WIB

INDOZONE.ID - Shirataki, bahan makanan Jepang yang terbuat dari konjak hasil olahan umbi-umbian hutan ini dianggap sangat membantu bagi seseorang yang tengah menjalani program diet.

Shirataki ada yang berbentuk mi, kwetiaw, dan juga nasi. Nah, berikut hal-hal menarik lainnya yang perlu diketahui dari Shirataki.

Membuat kenyang bertahan lama

Mengonsumsi shirataki akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Hal itu dikarenakan shirataki memiliki kandungan glukomanan sebanyak 3 persen, dan 97 persen lainnya berupa kandungan air.

Bagus untuk pencernaan

Glukomannan merupakan serat yang mudah larut dan dapat menyerap air kemudian membentuk gel. Karena bentuk serat yang sangat kental, glukomanan yang masuk ke dalam pencernaan akan berjalan lambat. Serat yang kental juga berfungsi sebagai prebiotik, yaitu memelihara bakteri yang hidup di usus besar.

Rendah kalori

Bayangkan saja, 100 gram shirataki hanya mengandung 15-20 kalori. Makanya tidak heran jika shirataki sangat tepat dijadikan menu diet.

Mudah diolah

Saat ini, shirataki sangat mudah diolah menjadi apapun. Bahkan di pasaran kini tersedia shirataki dalam kondisi kerang ataupun yang instan.

Aman untuk penderita diabetes

Shirataki diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah, oleh karena itu shirataki sangat aman dikonsumsi oleh seorang penderita diabetes.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU