The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sama Lezatnya, Kebab Turki dan Indonesia Jauh Berbeda! Ini Faktanya
Seporsi kebab di negara asalnya (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)
Food

Sama Lezatnya, Kebab Turki dan Indonesia Jauh Berbeda! Ini Faktanya

Rabu, 16 Februari 2022 11:20 WIB 16 Februari 2022, 11:20 WIB

INDOZONE.ID - Siapa yang enggak kenal kebab? Camilan ini mudah ditemui di resto hingga kaki lima di Indonesia. Di Tanah Air, kebab merupakan paduan irisan daging sapi atau ayam, aneka sayur segar dan saus yang dibalut dengan kulit tortila.

Tapi tahu enggak, di negara asalnya, Turki, kebab enggak berbalut kulit tortila. Jadi, kebab Turki dengan Indonesia sangat jauh berbeda. Di Turki, makanan ini hanya berupa irisan daging sapi atau domba bakar. Karena pada dasarnya kebab bermakna daging yang dimasak tanpa air.

Iskender Kebab
Penampakan Iskender Kebab khas Turki (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Ada dua jenis kebab yang terkenal di Turki yaitu Adana Kebab dan Iskender Kebab. Nah, Tim IDZ Creators, Fabiola Lawalata akan mengajak kamu bersantap Iskender Kebab di kota Bursa, Turki.

Benar saja, kebab Turki sangat berbeda. Di negeri Ottoman ini, kebab berupa sepiring isi daging bakar yang disiram saus tomat, mentega cair dan dipadukan dengan potongan tomat segar dan paprika hijau. Bisa dibilang, sajian ini mirip sate tanpa tusuknya.

iskender kebab
Seporsi Iskender kebab dengan tomat dan paprika segar (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Iskender kebab diambil dari nama sang penemu resep bernama Iskender Efendi. Iskender adalah seorang tukang daging yang pada tahun 1867 menemukan cara membuat kebab dengan versi lain.

iskender kebab
Salah satu resto yang menyajikan Iskender Kebab (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Iskendar memilih daging domba yang dipelihara di Uludag, sebuah kawasan dataran tinggi yang menghampar di sebelah selatan Bursa. Lalu daging pilihan tersebut dipanggang di atas pemanggang vertikal. Setelah matang, daging tersebut diiris tipis disajikan dengan saus tomat, mentega cair, paprika dan yoghurt.

Iskender Kebab
Cara menyantap Iskender Kebab (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Karena resep temuannya tersebut, nama Iskender pun jadi terkenal di kota Bursa bahkan seantero dunia. Sampai sekarang, metode pembuatan kebab seperti yang dilakukan Iskender masih bertahan dan dilestarikan.

iskender kebab
Aksi koki saat mengiris daging domba bakar (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Kamu bisa temukan sajian ini di berbagai sudut Kota Bursa, Turki. Bahkan kamu juga bisa lho menengok proses pembuatannya, karena biasanya dapur di restoran Turki adalah dapur berkonsep open kitchen sehingga pengunjung bisa melihat langsung aksi koki di dapur.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Fabiola Lawalata
Fabiola Lawalata

Fabiola Lawalata

Community Writer
JOIN US
JOIN US