The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Kenapa Kita Jadi Pengen Ngemil Terus Selama WFH
Ilustrasi mengemil. (Unsplash)
Food

Ini Alasan Kenapa Kita Jadi Pengen Ngemil Terus Selama WFH

Rabu, 13 Mei 2020 17:17 WIB 13 Mei 2020, 17:17 WIB

INDOZONE.ID - Bekerja dari rumah (WFH) membuat kita jadi mengemil lebih banyak dari biasanya. Tapi, pada dasarnya orang Indonesia sendiri memang suka ngemil.

Hal ini terungkap dalam studi konsumen bertajuk "The State of Snacking" yang dilakukan Mondelez di Indonesia dan 11 negara lainnya.

Psikolog Klinis Tara De Thouars mengatakan, kebiasaan ngemil berlebih memang sangat rentan terjadi selama WFH di masa pandemi COVID-19 ini.

Hasrat ngemil meningkat disebabkan oleh rasa bosan atau kondisi emosi tidak stabil dikarenakan perubahan kebiasaan yang mendadak.

"Hal tersebut dipicu oleh rasa bosan atau kondisi emosi tidak stabil dikarenakan perubahan kebiasaan yang mendadak, ataupun ketakutan akan pandemi itu sendiri. Cara ngemil seperti ini lebih dikenal dengan sebutan emotional eater," ujar Tara.

Tara menjelaskan, tubuh akan memberikan sinyal yang mirip seperti rasa lapar saat tekanan emosional hadir.

"Sebenarnya sinyal tersebut hanyalah respon terhadap perasaan yang menjadi pelarian dari emosi negatif. Jika dorongan tersebut terus diikuti, tentu tubuh akan kelebihan asupan dan tentunya akan semakin beresiko jika dilakukan secara berulang," ujar Tara.

Dia mengatakan, orang-orang harus bisa mengontrol diri untuk tidak mengemil secara berlebihan.

Tara juga menjelaskan, kebiasaan ngemil sesungguhnya bisa jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan kalori harian dan menjaga stabilitas metabolisme tubuh, asal dilakukan dengan bijak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US