The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Daerah Ini Memegang Tradisi Makan Bedulang di Wadah Khusus, Ada Artinya?
Tradisi makan bersama ala Raja Belitong (Vivi Sanusi/IDZ Creators)
Food

Daerah Ini Memegang Tradisi Makan Bedulang di Wadah Khusus, Ada Artinya?

Jumat, 13 Mei 2022 16:46 WIB 13 Mei 2022, 16:46 WIB

INDOZONE.ID - Mengunjungi suatu daerah, enggak lengkap rasanya kalau enggak mencicipi kuliner khasnya. Begitu juga ketika mengunjungi Pulau Belitung di Provinsi Bangka Belitung.

Untuk mencicipi sajian khasnya yang melegenda, kamu bisa berkunjung ke Rumah Makan Timpo Duluk. Tempatnya berupa rumah kayu khas Melayu yang dibangun 1960 silam. Bahkan rumah ini sudah menjadi cagar budaya.

makan bedulang
Resto berhiaskan ornamen jadul (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Sesuai nama tempatnya, desain interior di rumah makan ini mengusung konsep tempo dulu. Berbagai alat dapur dan perabotan jadul menghiasi dinding dan setiap sudut rumah makan ini.

Penyajiannya juga menggunakan piring dan gelas enamel atau kaleng ala jadul. Yang menarik di sini menunya disajikan memakai dulang alias nampan enamel. Makan bedulang sendiri adalah tradisi yang ada di Belitung yang konsepnya makan bersama-sama dengan berbagai menu makanan di dalam satu dulang.

makan bedulang
Makanan disajikan untuk bersama-sama (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Biasanya dalam tradisi bedulang, orang yang lebih muda melayani yang lebih tua. Namun hakekat sesungguhnya dari bedulang adalah menciptakan keakraban dan kebersamaan.

Yang disajikan di rumah makan yang berada di Jalan Lettu Mad Daud Tanjung Pandan ini adalah menu khas Belitung seperti sup gangan berupa sup ikan dengan kuah kuning diberi potongan nenas yang menjadikan sup ini segar di lidah.

makan bedulang
Makanan tradisional disajikan untuk 4 orang (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Ada juga gangan darat yang berisi potongan daging ayam atau sapi. Penyajiannya pun unik di batok kelapa.

Menu lainnya yang enggak kalah enak adalah berego, berupa mie berukuran besar disajikan melingkar di piring kaleng, dimakan dengan kuah santan dan ikan. Selain itu ada ikan tenggiri bumbu dibungkus dengan daun simpor. Daun simpor sendiri adalah daun khas Pulau Belitung yang sering dipakai untuk memasak.

Juga ada ikan bebelus goreng yang merupakan ikan laut berukuran kecil yang enggak kalah nikmat,disantap bersama sambal belacan atau sambal terasi khas Belitung.

Untuk menyantap menu khas Belitung yang resepnya turun temurun sejak 1918 ini kamu harus menyiapkan kocek mulai dari Rp10 ribu sampai Rp240 ribu.

Karena kepopulerannya, rumah makan ini juga sering disinggahi artis seperti Gading Marten sampai para pejabat negara.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Vivi Sanusi
Vivi Sanusi

Vivi Sanusi

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US