The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Asal! Begini Cara Eksekusi Tumpeng yang Tepat Menurut Chef Desi MasterChef
Nasi tumpeng (Frepik/odua)
Food

Jangan Asal! Begini Cara Eksekusi Tumpeng yang Tepat Menurut Chef Desi MasterChef

Bukan dari bagian atas.

Selasa, 29 November 2022 14:00 WIB 29 November 2022, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Tumpeng menjadi makanan nusantara yang kerap disuguhkan dalam berbagai momen penting, seperti selebrasi maupun hari besar. 

Sayangnya saat mengeksekusi tumpeng, secara spontan orang-orang akan memotong bagian atas tumpeng yang lancip. Padahal bagian tersebut memiliki makna filosofis yang mendalam.

Karena itulah Chef Desi Trisnawati yang juga dikenal sebagai jebolan ajang pencarian bakat MasterChef Indonesia musim kedua menyarankan agar mengeksekusi tumpeng dari bagian bawah.

"Jadi yang benar itu seharusnya dikerok saja dari bagian bawah, yang penting jangan potong bagian atasnya karena seolah kita memutuskan hubungan dengan Sang Pencipta," kata Chef Desi, seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (29/11/2022). 

Lebih lanjut Chef Desi menjelaskan setiap bagian tumpeng memiliki makna filosofis. Bagian intinya yang merupakan nasi kuning berbentuk kerucut melambangkan hubungan manusia dan Pencipta.

Bagian lauk pauk-nya biasanya berisi tempe orek, kentang balado, ayam goreng, hingga telur rupanya sengaja ditata mengelilingi nasi.

Baca juga: Lomba Tumpeng Ramaikan Rangkaian Acara G20, Makanan yang Selalu Hadir Saat Kenduri

Hal itu untuk melambangkan alam semesta yang harus dijaga untuk menciptakan harmoni antara manusia dan lingkungannya.

Nasi tumpeng (Instagram/sajian.id)
Nasi tumpeng (Instagram/sajian.id)

Maka ketika bagian atas dari tumpeng dipotong secara langsung, langkah tersebut seakan menggambarkan manusia memotong hubungannya dengan Tuhan.

Baca juga: Momen Tumpeng Raksasa Ditenggelamkan ke Telaga Ngebel, Ternyata Ini Tujuannya

Karena itu eksekusi tumpeng dengan mengerok bagian bawahnya. Kamu bisa melengkapi nasi tumpeng yang diambil dengan berbagai lauk pauk yang tersedia.

Setiap bagian dari lauk pauk yang tersedia harus ditaruh mendampingi nasi untuk menyempurnakan rasa serta memenuhi filosofi penyajian tumpeng.

 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US