The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berawal dari Kedai Kecil 94 Tahun Silam, Restoran Bakso Ini Sekarang Punya 100 Cabang!
Kedai bakso yang punya 100 cabang! (Z Creators/Elisa Oktaviana)
Food

Berawal dari Kedai Kecil 94 Tahun Silam, Restoran Bakso Ini Sekarang Punya 100 Cabang!

Sabtu, 17 September 2022 16:29 WIB 17 September 2022, 16:29 WIB

INDOZONE.ID - Selain kebab, ada kuliner tradisional Turki yang sangat terkenal, yaitu kofte. Dalam bahasa Turki, kofte berarti bakso. Umumnya terbuat dari daging sapi atau domba giling, dengan tambahan tepung roti, bawang bombay, parsley dan rempah-rempah. Beberapa orang juga suka menambahkan telur, untuk mengikat adonan. Beda dengan bakso Indonesia, kofte enggak direbus melainkan dipanggang, dibakar atau digoreng.

kofte
Kofte, bakso khas Turki (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Salah satu restoran kofte terkenal di Turki adalah Kofteci Ramiz. Pemiliknya adalah Ramiz Taskinlar bersaudara asal Makedonia. Mereka hijrah ke Turki bersama sang nenek. Karena Ayah mereka ditawan dalam Perang Balkan dan ibu mereka meninggal di usia muda.

Taskinlar bersaudara bekerja di sejumlah restoran, sampai akhirnya membuka kedai kofte di pasar kota Akhisar, provinsi Manisa, pada 1928. Kedai kecil itu, khusus menjual bakso bakar, mirip yang dijajakan pedagang kaki lima di Makedonia. Kofte alias bakso disajikan dengan roti pita yang digoreng dalam mentega, paprika hijau dan tomat panggang. 

kofte
Bakso bakar di resto Kofteci Ramiz (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Ramiz Taskinlar meninggal pada 1970. Keluarganya lalu meneruskan bisnis kofte yang makin berkembang. Sejak tahun 2000 sampai sekarang, ada 100 lebih cabang dan waralaba Kofteci Ramiz di seluruh Turki. Politisi terkenal, atlet dan selebritis sering mampir di restoran mereka. Satu porsi kofte harganya sekitar Rp57 ribu, udah termasuk pajak.

kofteci ramiz
Dada ayam dengan pasta saus creamy (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Selain kofte daging sapi, di restoran Kofteci Ramiz juga tersedia menu lain. Ada set menu yang terdiri dari dada ayam, penne pasta saus kari, salad dan roti. Olahan dada ayamnya beragam. Seperti dada ayam saus barbekyu, saus thyme yang super creamy, fillet panggang dan dada goreng tepung.

Harga set menu ayam cuma sekitar Rp57 ribu. Porsinya besar, dijamin kenyang. Kalau masih lapar, boleh meminta atau mengambil sendiri roti tambahan. Gratis!

kofetci ramiz
Set menu ayam porsinya bikin kenyang (Z Creators/Elisa Oktaviana)

RestoranKofteci Ramiz ada di hampir semua pusat perbelanjaan dan tempat-tempat wisata. So, kalau kalian liburan ke Turki, sempatkan mampir ke restoran ini, ya!

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US